Google Search Central Blog

Loading

Tren Logistik 2023! Simak Agar Tidak Tertinggal !

Bagikan

GolekTruk — Di tengah semakin kuatnya kekhawatiran terhadap ekonomi global di tahun 2023. Situasi ini ternyata tidak mempengaruhi perkembangan pada logistik di Indonesia. Contohnya adalah mulai dari meningkatnya kepentingan dan urgensi keberlanjutan hingga menemukan solusi logistik digital baru. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan di tahun 2023? Berikut adalah beberapa tren logistik utama di tahun ini. 

news 1611722058

Digitalisasi

Transformasi digital sedang terjadi di sebagian besar industri, tidak terkecuali di sektor logistik. Manfaat potensial untuk melakukan perubahan ini mencakup peningkatan akses melalui peningkatan kemampuan analisis data, yang dapat mengarah pada pengambilan keputusan yang lebih baik dan mendukung rantai pasokan yang lebih lancar.

Selain itu, melalui digitalisasi ini memungkinkan pengiriman barang dapat terpantau di sepanjang rantai pasokan, yang dapat menguntungkan semua pihak yang terlibat mulai dari produsen hingga pelanggan akhir. Ini menjadikan peluang untuk meningkatkan efisiensi bisnis Anda. Maka hal tersebut menjadikan logistik digital juga dapat berkontribusi pada lebih banyak beragam sektor industri ataupun perusahaan yang ingin meningkatkan kemampuan teknologinya. 

biaya logistik distribusi1 2

Otomatisasi

Pemanfaatan teknologi dalam penggunaan sistem otomatisasi salah satunya dalam aspek pergudangan. Kebutuhan untuk mendapatkan kecepatan dan akurasi dalam operasi seperti pengambilan, penyimpanan, dan pengiriman mendorong perusahaan atau pun bisnis untuk menggabungkan solusi otomatis yang meningkatkan manajemen produk.

Hal tersebut dapat berpengaruh dengan produktivitas karyawan secara keseluruhan. Secara spesifik, penggunaan otomatisasi dapat mengurangi kebutuhan tenaga kerja. Hasilnya, jumlah tenaga kerja bisa dikurangi, atau karyawan dapat dialih-fungsikan kepada aktivitas yang lebih value-added.

pelabuhan ketapang didominasi bis dan kendaraan logistik 169

Transparansi

Transparansi adalah cara terbaik untuk meningkatkan kolaborasi dan kinerja di antara aktivitas logistik. Yang dimana dalam aktivitas logistik memungkin pelaku bisnis untuk mendapatkan data secara realtime mulai dari jumlah stok produk sebagai analisis yang mengarah pada pengambilan keputusan dalam operasional bisnis.

Tak hanya itu, informasi terperinci seperti mengetahui waktu dan rute guna memberikan visibilitas dalam membantu menganalisis efisiensi transportasi berdasarkan data yang akurat dan andal. Visibilitas dan transparansi mengubah data aktivitas logistik menjadi keunggulan kompetitif yang kuat untuk membantu dalam membuat keputusan yang tepat.

63c4c4b6bac3f

Logistik Hijau

Logistik merupakan salah satu penghasil emisi karbon tertinggi di dunia. Dengan meningkatnya harapan konsumen untuk pengiriman dan logistik yang ramah lingkungan telah memberikan tekanan besar pada manajemen rantai pasokan. Ini menjadikan logistik ikut bertanggung jawab atas emisi global yang dihasilkan. Dengan didorong oleh regulasi baru dan tuntutan konsumen, perusahaan logistik menciptakan praktik bisnis yang sehat untuk lingkungan. 

Pengirim akan berupaya meminimalkan dampak karbon melalui optimalisasi rute serta kolaborasi transportasi. Maka tren logistik ini tetap menjadi tren besar dalam bidang logistik. Selain kebutuhan ekologis untuk mengurangi tingkat emisi ini, tren yang satu ini semakin menjadi faktor keberhasilan ekonomi. Sehingga logistik keberlanjutan ini telah menjadi prioritas dalam beberapa tahun terakhir dan target utama di masa mendatang.

Salinan Slide 1

GolekTruk Sebagai Solusi Logistik di 2023

Seperti yang sobat golek ketahui bahwa GolekTruk sudah menjadi solusi logistik secara digital bagi banyak orang. Dan hal ini akan terus berlanjut dengan semakin banyaknya orang yang mengenal dan bergabung dengan GolekTruk sebagai sarana untuk mencari armada dan informasi muatan.

Karena itu bagi sobat Golek yang belum bergabung, segera download aplikasi GolekTruk di :

Playstore GolekTruk

Atau bisa lihat-lihat dulu di website GolekTruk

https://golektruk.com/

Bagi sobat Golek yang memiliki usaha jasa angkutan jangan khawatir karena selalu ada muatan baru. Dan bagi sobat Golek yang sering butuh jasa angkutan juga jangan khawatir karena GolekkTruk banyak jasa angkutan yang telah bergabung !

Untuk sobat yang memiliki pendapat atau saran armada lain tolong tulis di kolom komentar ya agar dapat membantu sobat-sobat lainnya.

Cuma di GolekTruk, anda bisa menikmati kemudahan dalam mencari armada, manfaatkan armada kosong agar harga pengiriman barang Sobat makin terjangkau !

GolekTruk, Cari, Muat, Jalan. Praktis kan?


Bagikan
svg

Apa yang Anda pikirkan?

Lihat Komentar / Tinggalkan Komentar

Leave a reply

svg