Loading

Tips Negosiasi Ampuh : 7 Cara Efektif Negosiasi

Bagikan

GolekTruk — Tips negosiasi ampuh ala GolekTruk. Kenapa kok negosiasi aja tapi butuh tips? Pake ampuh segala emang beneran ampuh? Stop, tunggu dulu Sobat Golek sekalian.

Negosiasi bisa menjadi salah satu faktor yang membuat bisnis Sobat Golek sekalian berhasil lho. Kenapa? Karena dengan bernegosiasi, Sobat Golek memiliki kesempatan untuk mendapatkan kesepakatan yang menguntungkan bagi bisnis sobat.

Eiits tapi jangan salah, negosiasi bukanlah hal yang mudah. Butuh usaha, kemampuan berbicara dan mengetahui dengan siapa Sobat Golek berbicara adalah hal yang harus diperhatikan saat bernegosiasi.

Bahkan beberapa bisnis ada yang gagal karena ketidak mampuan dalam bernegosiasi, dan tidak sedikit juga bisnis yang berhasil berkat keterampilan dalam bernegosiasi.

Kenapa tips berikut ampuh? Ya karena jika di praktekkan dengan benar, tips berikut ini dapat sangat membantu Sobat Golek dalam jangka waktu panjang lho.

Itulah sebabnya GolekTruk telah merangkum 7 tips negosiasi ampuh untuk Sobat Golek sekalian!

Yuk simak penjelasan nya.

1. Jangan Takut Mengungkapkan Keinginan

Tips negosiasi yang pertama adalah Sobat Golek harus tahu dan jangan takut untuk meminta apa yang Sobat butuhkan.

Negosiator yang sukses bersikap tegas dan selalu berpikir bahwa ia akan menang. Mereka tahu bahwa semuanya bisa dinegosiasikan. Ini desebut dengan kesadaran negosiasi. Kesadaran negosiasi adalah yang membedakan antara negosiator dan bukan negosiator.

Bersikap tegas berarti meminta apa yang sobat butuhkan dan berani menolak dengan memberikan kata TIDAK sebagai jawaban.

Berlatihlah mengekspresikan perasaan sobat tanpa kecemasan atau emosi. Beri tahu orang-orang apa yang sobat inginkan dengan cara yang tidak mengancam.

Misalnya, daripada mengatakan, “Kamu tidak boleh melakukan itu,” coba gantikan, “Aku tidak merasa nyaman saat kamu melakukannya.”

Sobat Golek bisa temukan bahwa ada perbedaan besar antara bersikap tegas dan agresif. Sobat harus tegas saat menjaga kepentingan sambil tetap menghormati kepentingan orang lain.

2. Diam dan Amati

Sobat pasti cukup sering bertemu dengan orang yang kurang bisa ngerem mulutnya untuk ngomong. Nah negosiator adalah detektif nih. Mereka mengajukan pertanyaan menyelidik dan kemudian diam untuk mendengarkan.

Sebenarnya banyak konflik dapat diselesaikan dengan mudah jika kita belajar cara mendengarkan. Sobat perlu ingat bahwa, jangan menjadi orang yang sibuk supaya orang-orang mendengar apa yang sobat katakan sehingga sobat lupa untuk mendengarkan.

Sobat bisa menjadi pendengar yang efektif dengan membiarkan orang lain berbicara lebih banyak. Ikuti Aturan 70/30, dengarkan 70 persen, dan bicaralah hanya 30 persen.

Dorong negosiator lain untuk berbicara dengan mengajukan banyak pertanyaan terbuka – pertanyaan yang tidak dapat dijawab dengan “ya” atau “tidak” secara sederhana.

3. Jangan Terburu-Buru

Tips selanjutnya tentang negosiasi adalah tentang kesabaran. Terkadang bersabar menjadi hal yang sangat sulit dan sobat ingin menyelesaikannya dengan buru buru.

Mereka tahu bahwa jika sobat terburu-buru, Anda lebih cenderung membuat kesalahan dan membuat kerugian bisnis atas keputusan sobat. Ingatlah, dalam bernegosiasi siapa pun yang lebih fleksibel tentang waktu akan diuntungkan.

Kesabaran bisa menghancurkan negosiator lain jika mereka sedang terburu-buru karena mereka mulai percaya bahwa sobat tidak berada di bawah tekanan untuk menyelesaikan kesepakatan. Jadi apa yang mereka lakukan? Mereka menawarkan konsesi sebagai cara memberi Anda insentif untuk mengatakan YA.

4. Memiliki Target Yang Tinggi

Tips negosiasi selanjutnya adalah sobat harus memiliki target yang jelas dan memastikan hasil yang terbaik.

Penjual harus meminta lebih dari yang mereka harapkan, dan pembeli harus menawarkan kurang dari yang mereka siap bayar. Orang yang bertujuan lebih tinggi melakukan lebih baik.

5. Tunjukkan Pada Lawan Negosiasi Bagaimana Kebutuhan Mereka Akan Dipenuhi

Negosiator yang berhasil selalu melihat situasi dari sudut pandang pihak lain. Setiap orang melihat dunia secara berbeda, jadi sobat akan berada jauh di depan kalau bisa mengetahui persepsi mereka tentang kesepakatan itu.

Daripada mencoba memenangkan negosiasi, berusahalah untuk memahami negosiator lain dan buatlah cara untuk memuaskan mereka.

Filosofi negosiasi mencakup keyakinan kuat bahwa satu tangan membasuh tangan lainnya. Jika sobat membantu pihak lain untuk merasa puas, mereka akan lebih cenderung membantu sobat sebagai timbal balik. Kepuasan berarti bahwa kepentingan dasarnya telah terpenuhi, bukan tuntutannya telah dipenuhi.

Jangan bingung antara kepentingan dasar dengan posisi / tuntutan: Posisi / permintaan mereka adalah apa yang mereka inginkan. Minat dasar mereka adalah apa yang sebenarnya mereka butuhkan.

6. Jangan Memberikan Tanpa Mendapatkan Timbal Balik

Konsesi sepihak merugikan diri sendiri. Kapanpun sobat memberikan sesuatu, dapatkan sesuatu sebagai balasannya.

Dalam bernegosiasi tanamkan ini dipikiran : “Saya akan melakukan ini jika Anda melakukannya.”

Ketika sobat memberikan sesuatu tanpa meminta mereka untuk membalas, mereka akan merasa berhak atas konsesi sobat, dan tidak akan puas sampai sobat menyerah dan merugi lebih banyak lagi.

7. Jangan Menilai Masalah Atau Perilaku Orang Lain Secara Pribadi

Tips negosiasi yang terakhir ini adalah tentang masalah pribadi. Terlalu sering proses negosiasi gagal karena salah satu atau kedua pihak teralihkan oleh masalah pribadi yang tidak terkait dengan kesepakatan yang sedang dihadapi.

Negosiator yang berhasil fokus pada penyelesaian masalah, yaitu bagaimana kita dapat membuat kesepakatan yang menghargai kebutuhan kedua belah pihak. Terobsesi terhadap kepribadian negosiator lain, atau masalah yang tidak secara langsung berkaitan dengan membuat kesepakatan, dapat memperburuk proses negosiasi.

Misalnya, jika seseorang kasar atau sulit dihadapi, cobalah untuk memahami perilakunya dan jangan sampai mereka tersinggung.

Diatas adalah tips negosiasi ampuh dan efektif untuk sobat Golek sekalian.

Terus nantikan kabar terbaru lainnya dari GolekTruk. Bagi beberapa orang yang memiliki jasa pengiriman barang atau bagi pemilik muatan, pastinya sudah berpengalaman dalam bidang ini . Yuk tulis pengalaman yang Sobat Golek rasakan di dunia logistik di kolom komentar ya.

Nantikan terus tips, tutorial dan konten GolekTruk lainya yaa. Cuma di GolekTruk, anda bisa menikmati kemudahan dalam mencari armada, manfaatkan armada kosong agar harga pengiriman barang Sobat makin terjangkau !

Cek website kami di golektruk.com atau download aplikasi GolekTruk di playstore.


Bagikan
svg

Apa yang Anda pikirkan?

Lihat Komentar / Tinggalkan Komentar

Tinggalkan balasan

svg