Loading

TIPS : Cari Vendor Yang Tepat

Bagikan

GolekTrukCari Vendor yang tepat dan amanah memang bukan hal yang mudah. Namun Sobat Golek jangan khawatir sebab mimin sudah mengumpulkan beberapa hal yang sobat sekalian perlu perhatikan saat mencari vendor. Yuk simak hal-hal di bawah ini yang sobat Golek bisa jadikan pertimbangan saat mencari vendor!

Apa itu Vendor?

Sebelum mimin bahas tips cari vendor, mimin akan terlebih dahulu membahas tentang pengertian, peran, dan jenis-jenis vendor terlebih dahulu.

Istilah vendor tentunya tidak terdengar asing dalam dunia bisnis. Vendor merupakan pihak lembaga atau perorangan yang menjual bahan baku / jasa kepada pihak lain yang tujuannya untuk memenuhi kebutuhan bisnis.

Peran Vendor

Vendor memiliki peran penting yang mencakup hal pasar dan keuntungan dalam kelangsungan bisnis perusahaan.

Kemudian Vendor merupakan pihak lembaga atau perorangan yang memiliki peran untuk menyediakan atau menjual suatu bahan baku atau bahan mentah. Vendor menjual bahan baku atau sebuah jasa yang nantinya akan perusahaan jual kembali atau gunakan dengan tujuannya untuk meningkatkan performa perusahaan juga memenuhi kebutuhan serta permintaan pasar.

Fungsi Vendor

Vendor memiliki fungsi untuk memastikan ketersediaan atas bahan baku, barang, atau jasa yang nantinya akan diproduksi oleh perusahaan terkait. Sebuah perusahaan pasti membutuhkan produk atau bahan baku dari pihak vendor saat mereka tidak dapat menyediakan produk atau bahan baku sendiri. Hadirnya mempengaruhi proses lancarnya kegiatan operasional perusahaan. 

Maka dari itu, perusahaan perlu memperhatikan serta mengontrol kualitas kerja vendornya. Karena jika terjadi masalah seperti kualitas, bahan baku, masalah pengiriman yang buruk akan berpengaruh negatif pada perusahaan lain. Perusahaan perlu menggunakan sistem procurement yang tepat untuk menghemat, meningkatkan profitabilitas, dan melancarkan kegiatan produksi perusahaan. 

Tugas dan Tanggung Jawab Vendor

Sama halnya dengan perusahaan lain, vendor juga memiliki tugas dan tanggung jawab yang perlu mereka lakukan karena berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan. Tugasnya yaitu memastikan segala kebutuhan barang atau jasa sesuai dengan kesepakatan antara perusahaan. Berikut beberapa poin tugas dan tanggung jawabnya: 

  • Memenuhi permintaan dari perusahaan melalui kesepakatan antara dua belah pihak.
  • Memberikan pelayanan terbaik serta menjaga kualitas barang, bahan baku, atau jasa.
  • Memastikan jadwal pengiriman sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dan tepat waktu.
  • Menyediakan jaminan jika sewaktu-waktu terjadi hal di luar dugaan. 

Jenis-jenis Vendor

Vendor menjadi suatu hal penting yang harus hadir pada perusahaan. Karena merupakan sebuah mata rantai yang penting dalam pasar, keuntungan dan kelangsungan suatu bisnis. Berikut beberapa jennya yang perlu Anda ketahui: 

Penyedia barang

Jenis ini merupakan suatu pihak lembaga atau perorangan yang menjual produk dalam bentuk barang kepada perusahaan lain. Contohnya, pabrik membutuhkan mesin yang menjadi salah satu bahan utamanya untuk melakukan kegiatan perusahaan, maka vendor lah yang menyediakan bahan tersebut. 

Penyedia jasa

Jenis ini merupakan suatu pihak lembaga atau perorangan yang menjual jasanya  kepada perusahaan lain. Contohnya, perusahaan yang membutuhkan jasa untuk mengantarkan produk kepada pembeli atau pelanggan. Maka perusahaan perlu mencari vendor yang menjual jasa untuk mengirim barang kepada pelanggannya. 

Cara Memilih Vendor yang Tepat

Kualitas vendor menjadi salah satu hal utama yang penting untuk Anda perhatikan, karena fungsinya yang menjual barang atau jasa ke perusahaan lain. Selain itu, mereka juga memastikan ketersediaan barang atau jasa yang nantinya akan diproduksi oleh perusahaan lain. Memilih vendor yang tepat bukan hal yang mudah, Anda perlu memilihnya dengan tepat dan berkualitas untuk membeli barang atau jasa yang nantinya akan diproduksi atau dipakai pada perusahaan Anda. Berikut ini beberapa cara memilih vendor yang tepat:

Cek variasi dan kriteria produk

Vendor menyediakan barang atau jasa yang nantinya akan perusahaan beli sehingga membutuhkan barang atau jasa tersebut. Saat mereka dapat menyediakan produk yang bervariasi, maka ini menjadi sebuah nilai plus bagi mereka. Maka, Anda juga tidak perlu untuk mencari vendor lain, karena vendor sebelumnya telah menyediakan segala barang yang Anda butuhkan. 

Eksplorasi berbagai pilihan 

Saat mencari vendor yang sesuai dengan kebutuhan, Anda perlu mengunjungi direktori untuk mengetahui jenis barang atau jasa yang dibutuhkan. Anda memerlukan waktu untuk mengevaluasi vendor berdasarkan kriteria. Kriteria tersebut seperti, jenis bisnisnya atau bergantung pada model bisnis, reputasi, serta keamanan yang biasanya menawarkan perlindungan asuransi untuk melindungi bisnis Anda. 

Pilih harga yang sesuai standar

Pelayanan terbaik yang diberikan oleh perusahaan tentu menjadi keharusan. Perusahaan perlu memberikan pelayan yang maksimal untuk setiap pelanggannya. Salah satunya yaitu memberikan harga yang sesuai dengan standar. Jika Anda menemukan vendor yang menjual dengan harga murah atau bahkan lebih mahal, Anda perlu berhati-hati. Karena, Yang ditakutkan barang tersebut tidak berkualitas dan sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Kapasitas pelayanan 

Selanjutnya, yang perlu Anda perhatikan adalah memperhatikan kapasitas dari layanan dalam menentukan harga. Karena semakin tinggi pelayanan yang diberikan, maka harga dari bahan yang dikenakan akan cenderung tinggi. Hal ini juga berlaku sebaliknya. 

Rekomendasi dari pihak lain

Terakhir, rekomendasi dari pihak lain menjadi salah satu solusi terbaik. Karena dari rekomendasi tersebut, terdapat testimoni dari mereka yang pernah menggunakan vendor terkait. Maka dari itu, hal ini merupakan solusi yang dapat Anda pertimbangkan karena dapat sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. 

Diatas adalah sedikit pengetahuan tentang vendor dan tips cari vendor yang tepat untuk sobat Golek sekalian.

Terus nantikan kabar terbaru lainnya dari GolekTruk. Bagi beberapa orang yang memiliki jasa pengiriman barang atau bagi pemilik muatan, pastinya sudah berpengalaman dalam bidang ini . Yuk tulis pengalaman yang Sobat Golek rasakan di dunia logistik di kolom komentar ya.

Nantikan terus tips, tutorial dan konten GolekTruk lainya yaa. Cuma di GolekTruk, anda bisa menikmati kemudahan dalam mencari armada, manfaatkan armada kosong agar harga pengiriman barang Sobat makin terjangkau !

Cek website kami di golektruk.com atau download aplikasi GolekTruk di playstore.


Bagikan
svg

Apa yang Anda pikirkan?

Lihat Komentar / Tinggalkan Komentar

Tinggalkan balasan

svg