Google Search Central Blog

Loading

3 Perusahaan Tambang Terbesar di Indonesia

Bagikan

GolekTruk — Indonesia adalah negeri yang kaya akan sumber daya alamnya. Karena hal itu juga terdapat banyak sekali perusahaan tambang di Indonesia. Dan nama dari perusahaan ini umumnya telah melekat di telinga masyarakat Indonesia bahkan dunia. Jadi mari kita bahas tentang daftar perusahaan tambang terbesar di Indonesia. Simak sampe akhir sob!

Perusahaan tambang di Indonesia menjadi salah satu sektor terpenting karena menunjang berbagai faktor dalam kehidupan negara. Pasalnya perusahaan ini memproduksi sumber daya alam maupun kandungan mineral seperti pengelolaan bahan bakar, mineral logam dan bebatuan. Aktivitas perusahaan tambang meliputi penyelidikan, penelitian, pengelolaan, eksplorasi, studi, pemurnian, pengangkutan dan penjualan. Semua aktivitas mengelola sumber daya alam dilakukan oleh industri pertambangan.

Sejatinya ada ratusan perusahaan tambang di Indonesia yang menyumbang kontribusi untuk pembangunan bangsa. Baik itu perusahaan tambang yang ada di Indonesia. Berikut perusahaan tambang batubara, nikel, maupun emas di Indonesia yang sudah kita rangkum untuk sobat Golek ketahui.

3338270119

1. PT Pertamina (Persero)

Pertama, ada PT Pertamina yang produknya tentu bersahabat dengan masyarakat Indonesia. Mulai dari produk bahan bakar minyak, pelumas, gas, dan sebagainya. Perusahaan yang bergerak di bidang industri minyak dan gas terbesar di Indonesia ini telah berdiri sejak 10 Desember 1957 dan berkantor pusat di Jl. Medan Merdeka Timur, Jakarta. Pertamina adalah transformasi dari PN Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Nasional dan sempat memonopoli pendirian SPBU di Indonesia sampai tahun 2000.

Perusahaan pertambangan di Jakarta ini mengelola tujuh kilang minyak dengan total kapasitas 1.051,7 MBSD, memiliki pabrik petrokimia dengan total kapasitas 1.507.950 ton per tahun, dan pabrik LPG dengan total kapasitas 102,3 juta ton per tahun. Terdapat pula produk olahan dari perusahaan tambang di Indonesia ini seperti bahan bakar minyak, bahan bakar non minyak, gas, pelumas dan petrokimia.

Satu lagi bukti bahwa Pertamina merupakan raksasa pengolahan minyak dan gas yaitu dengan bertebarannya anak perusahaan di berbagai sektor industri cabang. Selain itu terdapat sekitar 18 anak perusahaan pertamina yakni PT Pertamina EP Cepu, PT Pertamina Drilling Services Indonesia, PT Nusantara Regas, PT Pertamina EP, PT Pertamina Geothermal Energy, PT Pertagas, PT Pertamina Hulu Negeri, PT Pertamina Patra Niaga, PT Pertamina Trans Kontinental, PETRAL, PT Pertamina Retail dan PT Tugu Pertamina Indonesia, PT Pertamina Dana Ventura, PT Pertamina Bina Medika, PT Patra Jasa dan beberapa lainnya.

RIFKI PT KPC DIGGING MONSTER

2. PT Kaltim Prima Coal

PT Kaltim Prima Coal merupakan salah satu perusahaan batubara tertua dan terbesar di Indonesia. Berkantor pusat di Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, perseroan ini tentunya masuk daftar perusahaan tambang di Kalimantan dan berdiri sejak tahun 1982. PT Kaltim Prima Coal memiliki lahan tambang batu bara seluas 84.938 hektar. Tapi pada tahun 2003, kepemilikan perusahaan ini berpindah tangan kepada PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dengan kepemilikan 100%.

Perusahaan tambang batubara ini memiliki 4.500 karyawan dan lebih dari 20.000 karyawan di bagian kontraktor. Selain itu, pertambangannya juga memiliki pembangkit sendiri yaitu PLTU berkapasitas 3×15 MW dan 2×5 MW. Terdapat pula Pembangkit Listrik Tenaga Uap sebanyak 18 MW yang diberikan kepada pihak PLN sebagai penerangan dan kebutuhan listrik warga Sangatta.

Sebagai salah satu perusahaan batubara terbesar di indonesia, PT Kaltim Prima Coal mengalami kenaikan produksi dari tahu ke tahun. Pada 2018, perseroan ini berhasil memproduksi sebanyak 58 juta ton batubara, tahun 2019 sebanyak 62 ton, dan pada tahun ini juga diprediksi akan naik.

day2 2019 FMI 251

3. PT Freeport Indonesia

Kamu tentu tidak asing dengan PT Freeport Indonesia, perseroan tambang emas di Indonesia. Perusahaan ini mengelola tambang Grasberg yang merupakan tambang emas terbesar di dunia dan tambang tembaga ketiga terbesar di dunia. Tentunya hal itu melambungkan nama Perusahaan diresmikan sejak tanggal 7 April 1967 ini di jagat internasional.

Pemerintah Indonesia sudah mengambil bagian sebesar saham Freeport sebesar 51% dengan tebusan sebesar Rp 56,1 triliun. Sebelumnya pemerintah sudah melakukan beberapa kali kontrak dengan Freeport yakni kontrak pertama pada tahun 1967 dengan saham pertama Indonesia sebesar 9,36% lalu lanjut kontrak II di tahun 1991.

Perusahaan tambang yang beroperasi di Papua ini memberikan dukungan berupa investasi untuk pembangunan Papua selama 2012 sejumlah USD 110,9 juta. Selain itu, terdapat pula program pengembangan sosial senilai USD 68,14 juta dan program pengembangan masyarakat sejumlah USD 39,26 juta. Alokasi dana investasi itu masih mendapat tambahan USD 600 juta dalam bentuk infrastruktur sosial seperti asrama siswa, rumah sakit, dan sekolah

Bisa bekerja di PT Freeport Indonesia merupakan impian banyak anak teknik, tak jarang banyak yang menantikan lowongan kerja perusahaan tambang asing di Indonesia ini.

Kesimpulan

Itulah tiga perusahaan tambang terbesar di Indonesia, yang sudah sobat ketahui di pembahasan sebelumnya. Dan tentunya perusahaan-perusahaan di atas memiliki strategi dalam logistik nya masing-masing. Karena logistik adalah salah satu hal paling penting pada banyak perusahaan seperti di atas. Bagi sobat golek yang terinspirasi untuk merintis usaha jasa angkutan bisa mendapat beberapa iklan muatan batubara dan bisa mencoba mengangkut batubara. Jangan khawatir karena GolekTruk siap membantu proses berlogistik sobat !

Bagi pemilik jasa angkutan juga sebaiknya posting atau iklan kan armada sobat di GolekTruk melalui aplikasi atau website GolekTruk sekarang juga dan rintis usaha jasa angkutan sobat dengan cara lebih efisien, cepat dan praktis !

Untuk sobat yang memiliki pendapat atau saran armada lain tolong tulis di kolom komentar ya agar dapat membantu sobat-sobat lainnya.

Cuma di GolekTruk, anda bisa menikmati kemudahan dalam mencari armada, manfaatkan armada kosong agar harga pengiriman barang Sobat makin terjangkau !

GolekTruk, Cari, Muat, Jalan. Praktis kan?

Cek website kami di golektruk.com atau download aplikasi GolekTruk di playstore.


Bagikan
svg

Apa yang Anda pikirkan?

Lihat Komentar / Tinggalkan Komentar

Leave a reply

svg