Loading

Bisakah kita tanpa Jasa Ekspedisi ?

Bagikan

GolekTruk — Bagi sobat Golek yang menjalankan bisnis online atau logsitik pasti sudah tidak asing dengan istilah “ekspedisi” atau jasa pengiriman. Jasa ini biasa digunakan untuk mengirim barang atau produk ke pelanggan. Dengan adanya jasa ekspedisi ini, proses pengiriman barang menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Secara umum, ekspedisi dapat diartikan sebagai perjalanan terorganisir yang dilakukan dengan tujuan tertentu. Dalam dunia bisnis, ekspedisi lebih fokus pada kegiatan pengiriman barang. Ekspedisi perjalanan adalah aktifitas memindahkan barang secara fisik dari titik ke titik yang lainnya.

Tidak bisa dipungkiri jika seiring berjalannya waktu tren belanja online semakin diminati oleh masyarakat. Hal itu juga di ikuti dengan meningkatnya kebutuhan akan jasa pengiriman barang untuk membantu mengirimkan barang yang dipesan pelanggan secara online tersebut.

Namun apa penting nya ekspedisi dalam bisnis? Simak penjelasan di bawah ini!

Peran Penting Ekspedisi Dalam Bisnis

Ekspedisi dalam kegiatan perekonomian memiliki peran yang sangat penting karena perputaran barang dan jasa akan menghidupkan perputaran uang di pasar. Maka dari itu dibutuhkan jasa pengiriman barang untuk memperlancar perputaran tersebut.

Dalam dunia bisnis, tidak semua produsen bisa mengirimkan sendiri produknya ke pelanggan. Maka dari itu, kegiatan mengirim barang adalah solusinya jika ingin sistem logistik dan pengiriman barang yang lebih praktis. Hal ini karena mengelola sistem logistik dan pengiriman barang cukup rumit untuk dilakukan sendiri.

Dari berbagai jenis bisnis, bisnis e-commerce adalah salah satu yang paling membutuhkan jasa pengiriman. Dengan menggunakan jasa pengirimian, pelaku bisnis online bisa menjual dan mengirimkan produk ke mana saja bahkah sampai ke pelosok atau luar negeri sekalipun.

Dalam melaksanakan kegiatan pengiriman barang, jasa ekspedisi memiliki tarif dan tenggat waktu tanggal pengiriman. Masing-masing jasa pengiriman biasanya memiliki tarif yang berbeda tergantung dari jenis pelayanan yang dikirim.

Manfaat Menggunakan Jasa Ekspedisi

Dalam menjalankan sebuah bisnis khususnya bisnis online, menggunakan jasa pengiriman barang memiliki berbagai manfaat yang menguntungkan, antara lain:

1. Proses Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah

Dengan menggunakan jasa pengiriman barang, proses pengiriman barang bisa dilakukan dengan lebih cepat dan praktis jika dibandingkan Anda harus melakukan pengiriman sendiri. Perusahaan ekspedisi bisa memastikan pengiriman barang ke pelanggan dilakukan dengan cepat dan aman. Hal ini karena jasa ekspedisi memiliki infrastruktur yang dibutuhkan untuk kegiatan pengiriman barang.

2. Memiliki Jangkauan Luas

Manfaat lainnya dari menggunakan jasa pengiriman adalah bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Jasa pengiriman barang biasanya memiliki jangkauan pengiriman yang luas bahkan sampai ke wilayah pelosok dan luar negeri. Dengan memanfaatkan jasa pengiriman ini, Anda bisa melayani pelanggan dari berbagai wilayah tanpa perlu repot mengurus bagaimana barang bisa sampai ke pelanggan tersebut.

3. Efektif Secara Biaya Dan Tenaga

Manfaat lain dari jasa pengiriman barang adalah efisien secara biaya. Karena dengan menggunakan jasa pengiriman, sobat Golek tidak perlu mengantar sendiri barang / muatan / paket yang sobat Golek ingin kirimkan.

Selain biaya, sobat Golek dapat menghemat tenaga karena tidak perlu mengirimkan barang sendirian.

Ekspedisi Dan Tantangannya

Sebagian besar perusahaan cenderung melakukan pemesanan pembelian bahan berdasarkan jadwal produksi mereka serta inventaris sistem mereka. Terkadang, sebuah perusahaan mungkin perlu melakukan pemesanan pembelian yang masih perlu diproduksi.

Dan jika perusahaan tidak memiliki semua bahan atau suku cadang yang diperlukan untuk memproduksi dan mengirimkan pesanan, perusahaan juga perlu memesannya dari perusahaan lain. Dan ini akhirnya mempengaruhi usaha sobat Golek semua.

Kenyataannya adalah banyak perusahaan kecil atau menengah tidak memiliki alat pelacakan waktu untuk mencatat pengiriman, melacak waktu respons, dan mengukur peningkatan pengiriman secara aktual.

Prosedur di bagian rantai pasokan ini seringkali tidak terorganisir. Pada beberapa kesempatan, pembeli menerima beberapa panggilan telepon atau email dari orang yang sama, atau beberapa individu.

Pembeli tidak tahu apakah jasa pengiriman barang itu penting atau tidak, dan seringkali tidak ada aturan untuk eskalasi. Mungkin tidak ada catatan tentang berapa banyak ekspedisi yang diminta, tidak ada informasi tentang status saat ini, atau perkiraan waktu dan upaya yang dikeluarkan oleh pemangku kepentingan.

Sulit untuk menilai seberapa baik rantai pasokan merespons, dan mengukur jumlah waktu karyawan yang terbuang karena permintaan ganda.

Beberapa pemasok mengirimkan pembeli dengan semua daftar pesanan mereka dan status yang belum mereka kirimkan. Pembeli mungkin perlu memperbarui informasi ini di sistem informasi mereka secara manual. Beberapa supplier mungkin tidak mengirimkan daftar status kepada pembeli, yang semakin memperumit pekerjaan pembeli, yang sekarang harus menindaklanjuti pesanan.

Kesimpulan

Kesimpulan dari pembahasan di atas adalah ekspedisi merupakan bagian penting dalam sebuah bisnis. Yang bisa sobat Golek garis bawahi adalah, pengiriman barang merupakan penyambung yang mengantarkan produk sobat kepada para pelanggan.

Tanpa jasa ekspedisi, sobat Golek semua akan mengalami kesulitan dan tentunya kepuasan pelanggan akan terpengaruh.

Tapi sobat Golek tidak perlu khawatir, karena untuk urusan mencari ekspedisi, sobat Golek dapat menyerahkan nya pada layanan GolekTruk!.

Sobat Golek akan sangat dipermudah sekali dalam mencari vendor ekspedisi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis sobat Golek sekalian. Dari mulai kendaraan roda tiga hingga kendaraan angkut khusus, semua ada di GolekTruk!

Terus nantikan kabar terbaru lainnya dari GolekTruk. Bagi beberapa orang yang memiliki jasa pengiriman barang atau bagi pemilik muatan, pastinya sudah berpengalaman dalam bidang ini . Yuk tulis pengalaman yang Sobat Golek rasakan di dunia logistik di kolom komentar ya.

Nantikan terus tips, tutorial dan konten GolekTruk lainya yaa. Cuma di GolekTruk, anda bisa menikmati kemudahan dalam mencari armada, manfaatkan armada kosong agar harga pengiriman barang Sobat makin terjangkau !

Cek website kami di golektruk.com atau download aplikasi GolekTruk di playstore.


Bagikan
svg

Apa yang Anda pikirkan?

Lihat Komentar / Tinggalkan Komentar

Tinggalkan balasan

svg