Loading

7 Cara Menjawab Kritik dan Saran: Kuasai Seni Komunikasi ini Agar Hidup Tentram!

Bagikan

GolekTruk 8 Cara Menjawab Kritik dan Saran: Zaman ini semua orang dapat memberikan opini kepada siapa saja, apa saja dan dimana saja. Entah di dunia nyata maupun internet.

Itulah yang membuat semua bisa menjadi kritikus secara mendadak. Dan naasnya, kritik yang membangun atau konstruktif seringkali bercampur dengan judgement yang terlampau kasar.

Mengalihkan banjir kritikan bisa hal yang tricky, khususnya ketika kritikan dan saran datang kepada kita pekerjaan kita.

Namun jangan khawatir, di bawah ini adalah 8 tips jitu cara menjawab kritik dan saran agar hidup mu lebih positif dan tidak takut dalam mengambil keputusan karena judgement orang-orang di sekitar kita. Simak sampai selesai ya!

7 Cara Menjawab Kritik dan Saran

Cara Menjawab Kritik dan Saran

Tips 1: Mengakui Kekurangan dan Menghargai

Mengakui Kekurangan dan Menghargai

Mengakui kekurangan diri sendiri dan menghargai pendapat orang mungkin hal yang biasa, tapi ucapan terimakasih yang tulus kepada setiap kritik dan saran yang datang bisa menumbuhkan efek jangka panjang yang baik.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard Business Review menunjukan bahwa seorang karyawan akan merasa dihargai dan semakin berkembang jika diberikan kritik dan saran yang benar-benar mereka butuhkan (yang positif ya!) cenderung akan bekerja lebih keras lagi. Hal tersebut akan menumbuhkan sebuah kebiasaan untuk terus berkembang.

Namun sebaliknya, hal tersebut membuktikan bahwa mengakui kekurangan dan menghargai kritik dan saran dapat berpengaruh pada perkembangan seseorang.

Tips 2: Pahami Maksud dari Kritik dan Saran Lebih Dalam

Pahami Maksud dari Kritik dan Saran Lebih Dalam

Sebuah penelitian dari University of California, Berkeley menemukan bahwa hanya 7% komunikasi yang bisa tersampaikan lewat kata. Sisanya dapat lebih tersampaikan lebih akurat melalui nada bicara, bahasa tubuh, dan konteks dari pembicaraan itu sendiri.

Jadi sebelum memasang kuda-kuda defensive, tanyakan dulu bertanyalah terlebih dahulu agar paham maksud dari saran atau kritik seseorang.

Memahami makna yang ada di balik kritik dan saran seperti bagian mana dari kamu yang sedang di kritik akan dapat membantumu menerima saran dan kritikan itu sendiri.

Tips 3: Selalu Tekankan Bahwa Kritik dan Saran Bukanlah Hal Personal

Selalu Tekankan Bahwa Kritik dan Saran Bukanlah Hal Personal

Bagaimanapun juga usahakan untuk selalu berpikir bahwa kritik dan saran yang datang adalah karena apa yang kamu kerjakan, bukan diri kamu secara personal.

Seperti yang Maya Angelou katakan, “Criticism is never personal, but criticism is most certainly the result of your choices.” Jadi, pisahkanlah terlebih dahulu emosi dan logika mu sebelum menerima kritik.

Tips 4: Jangan Takut Untuk Bilang “Tidak!”

Jangan Takut Untuk Bilang "Tidak!"

Tidak semua kritik dan saran memiliki efek yang baik untuk dirimu. Karena itulah jika kamu menerima kritik dan saran yang tidak sejalan dengan nilai-nilai atau visi hidup mu, beranilah untuk menolak (dengan sopan ya tentunya).

Jujurlah pada diri sendiri dan ciptakanlah alternatif dari setiap kritikan dan saran yang datang padamu. Sesuaikan semua kritik dan saran yang datang agar lebih sesuai dengan yang kamu inginkan.

Tips 5: Jadikan Kritik Sebagai Sumber Improvement

Jadikan Kritik Sebagai Sumber Improvement

Pandanglah kritik dan saran sebagai trampoline yang dapat membuatmu melompat lebih tinggi (seperti judul lagu Sheila On7).

Jadikan kritikan dan saran sebagai bentuk kontribusi, solusi, dan cambuk untuk menjadi pribadi baru yang lebih keren.

Hal ini dapat mengubah potensi interaksi negatif menjadi positif yang akan sangat membantu mu dalam masyarakat.

Tips 6: Terus Melatih Diri

Terus Melatih Diri

Terus melatih diri melewati berbagai macam kirtik yang datang memang membutuhkan usaha dan waktu yang tidak sedikit. Namun semakin kamu melatih diri dan membiasakan diri dalam menerima kritik, kamu akan secara natural menjadi pribadi yang akan selalu bertumbuh.

Hal tersebut sangat berguna setiap kali kamu berinteraksi dengan orang lain dan dapat membantu mu menjalin hubungan apapun dalam jangka panjang.

Tips 7: Selalu Ingat Bahwa Kamu Tidak Sendirian

Semua orang di dunia ini setidaknya pernah mendapatkan kritik dalam hal apapun. Bahkan individu paling sukses, perusahaan terbesar atau keluarga paling adem pun tidak luput dari yang namanya kritik, namun mereka tidak malu untuk menerima dan belajar dari kritik itu.

Teruslah cari orang-orang yang dapat memberimu dukungan dan kritik yang konstruktif. Selalu ingat kata Nelson Mandela, “Our greatest glory is not in never falling, but in rising every time we fall.”

Jadi lain kali jika kamu mendapat saran dan kritik, jangan hanya sekedar mengucapkan “terimakasih”, tapi paphami maksud dari kritik dan saran tersebut agar kamu dapat bertumbuh dan menjadi pribadi yang lebih tahan banting dan hebat.

Dengan 7 Cara Menjawab Kritik dan Saran ini, percayalah bahwa kamu dapat mentransformasikan kritik dan saran menjadi ladang subur untuk self improvement.


Sumber Referensi

  • Harvard Business Review: hbr.org
  • University of California, Berkeley: psychology.berkeley.edu
  • Stanford University: stanford.edu
  • Nielsen Norman Group: nngroup.com
  • Kellogg School of Management: kellogg.northwestern.edu
  • MIT Sloan School of Management: sloan.mit.edu
  • Nelson Mandela quote: goodreads.com

GolekTruk

Sudah tau Golektruk belum ?

GolekTruk adalah marketplace logistic no. 1 di Indonesia, yang mempertemukan antara pengirim muatan dan penyedia jasa angkut, dan bisa bernegosiasi secara langsung tanpa ada POTONGAN sepeserpun !

kamu bisa memakai golektruk untuk meningkatkan usaha jasa angkutmu dan untuk pengirim muatan, kamu bisa memakai GolekTruk untuk membantu anda pindahan rumah, kontrakan, kos maupun kebutuhan yang lainnya dengan mudah!

Golektruk sudah banyak penggunanya ! dan di download lebih dari 150 ribu orang di seluruh Indonesia.

kamu mau coba ?

Unduh aplikasi GolekTruk sekarang di Play Store.

 


Bagikan
svg

Apa yang Anda pikirkan?

Lihat Komentar / Tinggalkan Komentar

Tinggalkan balasan

svg