Google Search Central Blog

Loading

Pahami 5 Arti Marka Jalan dan Fungsinya dalam 3 Menit!

Bagikan

GolekTrukArti Marka Jalan: Marka jalan adalah suatu tanda yang terdapat di permukaan jalan untuk memberikan informasi kepada pengguna jalan, baik pengendara atau pejalan kaki. Marka jalan memiliki berbagai bentuk, warna, dan ukuran, masing-masing dengan fungsinya sendiri.

Jenis-Jenis Marka Jalan

Jenis-Jenis Marka Jalan

Jenis-Jenis Marka Jalan

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2014 tentang Marka Jalan, marka jalan dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Marka membujur, yaitu marka yang membujur di badan jalan. Marka membujur berfungsi untuk mengatur lajur lalu lintas, membatasi jalur lalu lintas, dan memperingatkan pemakai jalan.
  • Marka melintang, yaitu marka yang melintang di badan jalan. Marka melintang berfungsi untuk memberikan peringatan atau larangan kepada pemakai jalan.
  • Marka serong, yaitu marka yang membentuk garis miring di badan jalan. Marka serong berfungsi untuk memperingatkan pemakai jalan akan adanya perubahan arah di depan.

Arti Marka Jalan

Arti Marka Jalan

Berikut adalah arti marka jalan yang umum dijumpai di Indonesia:

  • Garis putih tanpa putus, yaitu marka yang membujur di badan jalan tanpa adanya garis putus-putus. Marka ini berfungsi untuk melarang pengendara untuk mendahului kendaraan lain.
  • Garis putih putus-putus, yaitu marka yang membujur di badan jalan dengan adanya garis putus-putus. Marka ini berfungsi untuk memperbolehkan pengendara untuk mendahului kendaraan lain, dengan tetap mempertimbangkan kondisi lalu lintas dari arah berlawanan.
  • Garis putih ganda tanpa putus, yaitu dua buah garis putih tanpa putus yang sejajar di badan jalan. Marka ini berfungsi untuk melarang pengendara untuk mendahului kendaraan lain, baik dari arah depan maupun arah belakang.
  • Garis kuning tanpa putus, yaitu marka yang membujur di badan jalan tanpa adanya garis putus-putus. Marka ini berfungsi untuk memperingatkan pengendara akan adanya bahaya di depan, misalnya tikungan tajam atau persimpangan.
  • Garis kuning putus-putus, yaitu marka yang membujur di badan jalan dengan adanya garis putus-putus. Marka ini berfungsi untuk memperingatkan pengendara akan adanya perubahan arah di depan.

Fungsi Marka Jalan dalam Menjaga Keselamatan Berlalu Lintas

Fungsi Marka Jalan

Marka jalan memiliki peran penting dalam menjaga keselamatan berlalu lintas. Marka jalan dapat membantu pengguna jalan untuk mengetahui informasi penting tentang jalan, seperti arah lalu lintas, batas lajur, dan peringatan bahaya. Dengan memahami arti marka jalan, pengguna jalan dapat berkendara dengan lebih aman dan bertanggung jawab.

Statistik Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia

Statistik Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia

Berdasarkan data dari Korlantas Polri, pada tahun 2022, jumlah kecelakaan lalu lintas di Indonesia mencapai 226.049 kejadian. Kecelakaan tersebut mengakibatkan 28.932 orang meninggal dunia, 292.205 orang luka-luka, dan 30.067 unit kendaraan rusak.

Salah satu faktor penyebab kecelakaan lalu lintas adalah ketidaktahuan pengguna jalan akan arti marka jalan. Oleh karena itu, penting bagi setiap pengguna jalan untuk memahami arti marka jalan agar dapat berkendara dengan lebih aman.

Fakta-Fakta Tentang Marka Jalan

fakta marka jalan

  • Marka jalan yang jarang dijumpai

Selain marka jalan yang umum dijumpai, terdapat beberapa jenis marka jalan yang jarang dijumpai, seperti:

  1. Marka panah yaitu marka yang berbentuk panah untuk menunjukkan arah lalu lintas.

  2. Marka huruf atau angka yaitu marka yang berbentuk huruf atau angka untuk menunjukkan informasi tertentu, misalnya nama jalan atau jarak tertentu.
  3. Marka rambu yaitu marka yang berbentuk rambu untuk menunjukkan informasi tertentu, misalnya larangan berhenti atau larangan parkir.

  • Perbedaan marka jalan di Indonesia dan negara lain

Marka jalan di Indonesia memiliki beberapa perbedaan dengan marka jalan di negara lain. Misalnya, di Indonesia, marka garis putih tanpa putus yang berada di tengah jalan berfungsi untuk melarang pengendara untuk mendahului kendaraan lain, sedangkan di negara lain, marka tersebut berfungsi untuk memperbolehkan pengendara untuk mendahului kendaraan lain dengan tetap mempertimbangkan kondisi lalu lintas dari arah berlawanan.

  • Perkembangan teknologi marka jalan

Teknologi marka jalan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Saat ini, marka jalan sudah mulai menggunakan teknologi yang dapat menyala pada malam hari atau saat cuaca buruk. Teknologi ini dapat membantu meningkatkan visibilitas marka jalan dan mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas.

Dengan memahami informasi tentang marka jalan, pengguna jalan dapat berkendara dengan lebih aman dan bertanggung jawab.

Kesimpulan

Marka jalan adalah salah satu alat keselamatan berlalu lintas yang penting. Marka jalan dapat membantu pengguna jalan untuk mengetahui informasi penting tentang jalan, seperti arah lalu lintas, batas lajur, dan peringatan bahaya. Dengan memahami arti marka jalan, pengguna jalan dapat berkendara dengan lebih aman dan bertanggung jawab.

Berdasarkan data dari Korlantas Polri, pada tahun 2022, jumlah kecelakaan lalu lintas di Indonesia mencapai 226.049 kejadian. Kecelakaan tersebut mengakibatkan 28.932 orang meninggal dunia, 292.205 orang luka-luka, dan 30.067 unit kendaraan rusak.

Salah satu faktor penyebab kecelakaan lalu lintas adalah ketidaktahuan pengguna jalan akan arti marka jalan. Oleh karena itu, penting bagi setiap pengguna jalan untuk memahami arti marka jalan agar dapat berkendara dengan lebih aman.

GolekTruk

Sudah tau Golektruk belum ?

GolekTruk adalah marketplace logistic no. 1 di Indonesia, yang mempertemukan antara pengirim muatan dan penyedia jasa angkut, dan bisa bernegosiasi secara langsung tanpa ada POTONGAN sepeserpun !

kamu bisa memakai golektruk untuk meningkatkan usaha jasa angkutmu dan untuk pengirim muatan, kamu bisa memakai GolekTruk untuk membantu anda pindahan rumah, kontrakan, kos maupun kebutuhan yang lainnya dengan mudah!

Golektruk sudah banyak penggunanya ! dan di download lebih dari 150 ribu orang di seluruh Indonesia.

kamu mau coba ?

Unduh aplikasi GolekTruk sekarang di Play Store.


Bagikan
svg

Apa yang Anda pikirkan?

Lihat Komentar / Tinggalkan Komentar

Leave a reply

svg