Loading

Apa itu Ritase? Inilah Cara Menghitung Rit yang Benar!

Bagikan

GolekTruk — Selamat datang pada artikel ini! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai konsep ritase, serta bagaimana cara menghitungnya dengan benar. Jika Anda penasaran dengan apa itu ritase dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang penghitungannya, mari kita simak informasi lengkapnya di bawah ini.


Apa itu Ritase?

drive 1867268 1920

Ritase merupakan istilah yang sering di gunakan dalam dunia pertambangan, konstruksi, dan logistik. Istilah ini merujuk pada ukuran atau jumlah muatan yang dapat diangkut oleh kendaraan tertentu dalam satu kali perjalanan. Pemahaman tentang rit sangat penting, terutama ketika mengoperasikan alat berat, truk, atau kendaraan lain yang digunakan untuk mengangkut material.


Bagaimana Cara Menghitung Ritase?

maxresdefaultds

Penghitungan rit cukup sederhana. Untuk menghitung rit, kita perlu mengetahui kapasitas angkut maksimal kendaraan tersebut dan berapa muatan aktual yang di angkut dalam satu kali perjalanan. Rumus umum untuk menghitung rit adalah sebagai berikut:

Ritase = Kapasitas Angkut Maksimal Kendaraan / Muatan Aktual

Dengan begitu, kita bisa mengetahui berapa rit yang diangkut setiap kali perjalanan kendaraan.

1 Rit adalah…

1 rit setara dengan berapa ton atau volume tertentu tergantung pada jenis muatan dan kendaraan yang di gunakan. Misalnya, dalam pertambangan batubara, 1 rit dapat setara dengan 10 ton batubara, sedangkan dalam konstruksi material seperti pasir, kerikil, atau tanah, 1 rit dapat setara dengan volume 5 kubik meter.


Apa Kelebihan Menggunakan Hitungan Ritase vs Tonase vs Kubikasi?

maxresdefaultsda

Penggunaan hitungan ritase memiliki beberapa kelebihan di bandingkan dengan tonase atau kubikasi. Pertama, penggunaan rit memudahkan dalam perencanaan logistik dan transportasi, karena kita dapat dengan cepat mengetahui jumlah muatan yang bisa di angkut dalam satu kali perjalanan. Kedua, ritase lebih fleksibel karena dapat di gunakan untuk mengukur muatan berdasarkan berat (tonase) atau volume (kubikasi) tergantung pada kebutuhan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang ritase, yang merupakan ukuran muatan yang dapat di angkut oleh kendaraan dalam satu kali perjalanan. Penghitungan rit adalah metode sederhana yang berguna dalam dunia pertambangan, konstruksi, dan logistik. 1 rit setara dengan berapa ton atau volume tergantung pada jenis muatan dan kendaraan yang di gunakan. Kelebihan menggunakan hitungan ritase meliputi kemudahan dalam perencanaan logistik dan fleksibilitas dalam mengukur muatan berdasarkan berat atau volume. Dengan memahami ritase, kita dapat mengoptimalkan pengangkutan material dan meningkatkan efisiensi operasional. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang ritase. Terima kasih telah membaca!

Sobat trucker dan shipper segera posting armada dan muatan sobat di GolekTruk melalui aplikasi atau website GolekTruk sekarang juga dan rintis usaha jasa angkutan sobat dengan cara lebih efisien, cepat dan praktis !

Untuk sobat yang memiliki pendapat atau saran armada lain tolong tulis di kolom komentar ya agar dapat membantu sobat-sobat lainnya.

Cuma di GolekTruk, anda bisa menikmati kemudahan dalam mencari armada, manfaatkan armada kosong agar harga pengiriman barang Sobat makin terjangkau !

GolekTruk, Cari, Muat, Jalan. Praktis kan?

Cek website kami di golektruk.com atau download aplikasi GolekTruk di playstore.


kubikasi adalah

Apa itu Kubikasi Pada Truk?: Pengertian dan Cara Menghitungnya!

Baca
last mile delivery adalah

Apa itu Last Mile Delivery? Tantangan dan Peluang

Baca
shipping instruction adalah

Apa itu Shipping Instruction? Cara Membuat Shipping Instruction!

Baca

Bagikan
svg

Apa yang Anda pikirkan?

Lihat Komentar / Tinggalkan Komentar

Tinggalkan balasan

svg