Merawat Rangka Truk Awetkan Umur Truk Anda!

21 Juni 2023

Oleh: Admin istrator

Merawat Rangka Truk Awetkan Umur Truk Anda!

Golektruk — Rangka truk adalah salah satu komponen yang paling penting dalam kendaraan komersial, karena menjadi tulang punggung yang menopang berat beban truk. Merawat rangka truk secara teratur sangat penting untuk memastikan truk tetap dalam kondisi prima dan berkinerja optimal. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara merawat sasis truk Anda agar dapat memperpanjang umur sasis truk dengan optimal. Berikut adalah beberapa tips penting yang perlu Anda perhatikan:

Membersihkan sasis truk secara teratur adalah langkah awal yang penting dalam merawat sasis truk. Bersihkan sasis dari debu, kotoran, dan residu lainnya yang bisa menumpuk di bagian bawah truk. Gunakan air sabun dan sikat yang lembut untuk membersihkan sasis dengan hati-hati. Pastikan Anda membersihkan semua bagian, termasuk area yang sulit dijangkau seperti celah dan sudut. Membersihkan sasis truk secara teratur juga membantu mencegah timbulnya korosi.

Lindungi Sasis dari Korosi

Korosi adalah musuh utama sasis truk. Untuk melindungi sasis dari korosi, pastikan Anda melakukan pengecatan atau pelapisan anti-korosi secara teratur. Sebelum melapisi sasis, pastikan sasis dalam keadaan bersih dan kering. Pilih cat atau pelapis anti-korosi berkualitas tinggi yang sesuai dengan kondisi sasis truk Anda. Hindari paparan langsung terhadap bahan kimia yang dapat merusak lapisan pelindung.

Periksa Sasis untuk Kerusakan Struktural

Lakukan pemeriksaan visual pada sasis truk secara rutin untuk mendeteksi adanya kerusakan struktural. Periksa apakah ada retakan, korosi, atau keausan yang signifikan pada sasis. Jika Anda menemukan kerusakan, segera perbaiki atau gantilah bagian yang rusak untuk mencegah masalah yang lebih serius di kemudian hari. Jangan lupa untuk memeriksa bagian penting seperti baut pengikat, peredam kejut, dan kaki-kaki truk.

Perhatikan Sistem Pelepasan Air

Sistem pelepasan air pada sasis truk adalah komponen penting untuk mencegah terjadinya penumpukan air yang dapat menyebabkan korosi. Pastikan saluran pembuangan air bebas dari sumbatan dan berfungsi dengan baik. Periksa juga kondisi tutup saluran pembuangan air dan pastikan tidak ada kebocoran yang dapat menyebabkan air merembes ke sasis.

Jaga Beban yang Sesuai

Sasis truk dirancang untuk menahan beban tertentu. Pastikan Anda tidak melebihi kapasitas beban yang ditetapkan oleh pabrikan. Membebani sasis melebihi kapasitasnya dapat menyebabkan kerusakan struktural yang serius. Selalu pastikan Anda mengikuti pedoman beban yang disarankan oleh pabrikan dan tidak melebihi batas maksimal yang ditentukan.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah perawatan yang tepat, Anda dapat memperpanjang umur sasis truk Anda dan menjaga kinerjanya secara optimal. Merawat sasis truk secara teratur akan membantu mengurangi biaya perbaikan yang tidak terduga dan memastikan truk Anda tetap beroperasi dengan baik. Jaga truk Anda dengan baik, dan truk akan memberikan kinerja yang handal dan efisien untuk bisnis Anda.

Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca dalam merawat sistem rem truk mereka.

Bagi sobat golek yang berprofesi sebagai pengemudi bisa memperdalam pengetahuan umum tentang truk dan dapat melakukan pengecekan secara berkala pada truk masing-masing!

Sobat trucker dan shipper segera posting armada dan muatan sobat di GolekTruk melalui aplikasi atau website GolekTruk sekarang juga dan rintis usaha jasa angkutan sobat dengan cara lebih efisien, cepat dan praktis !

Untuk sobat yang memiliki pendapat atau saran armada lain tolong tulis di kolom komentar ya agar dapat membantu sobat-sobat lainnya.

Cuma di GolekTruk, anda bisa menikmati kemudahan dalam mencari armada, manfaatkan armada kosong agar harga pengiriman barang Sobat makin terjangkau !

GolekTruk, Cari, Muat, Jalan. Praktis kan?

Cek website kami di golektruk.com atau download aplikasi GolekTruk di playstore.