Google Search Central Blog

Loading

14 Istilah Logistik Yang Pasti Kalian Pernah Dengar!

svg31 Januari 2023LogistikAdmin istrator

Bagikan

GolekTruk Istilah Logistik: Orang tua kita mengatakan  dimana tanah dipijak, disitu langit di junjung. Pepatah itu berlaku dimana saja salah satunya dalam bidang Logistik. Agar Sobat Golek tidak merasa kebingungan dengan istilah Logistik atau Cargo dalam pengiriman barang.

Mempelajari istilah-istilah logistik yang sering dipakai penyedia armada (trucker) dan pengirim muatan (Shipper) yang biasa digunakan dalam jasa pengiriman atau cargo itu asik lho. Selain untuk menambah pengetahuan Sobat Golek, mengetahui istilah-istilah Logistik pengiriman barang atau cargo juga bisa membantu untuk mengerti lebih dalam saat berkomunikasi dengan orang-orang dari bidang Logistik baik itu dari Pengirim Muatan Shipper atau Penyedia Armada Trucker.

Inilah istilah-istilah Logistik:

istilah logistik

  • Bill of Lading (B/L) :

Bill of Lading

Istilah logistik untuk menyebut Dokumen pemuatan barang yang dikeluarkan oleh pihak pengangkut muatan/trucker seperti pelayaran, penerbangan, atau agennya, yang menunjukkan detail pengiriman dan kepada siapa barang tersebut ditujukan. Pada maskapai penerbangan, digunakan istilah logistik Air Waybill (AWB) untuk B/L. Sedangkan untuk pelayaran, lazim disebut Bill of Lading, atau kadang disebut juga Ocean B/L atau Marine B/L.

  • Cash Before Delivery (CBD) :

Cash Before Delivery

Istilah logistik untuk menyebut Sistem pembayaran tunai dimana pembayaran dilakukan sebelum pengiriman barang dilakukan.

  • Cash On Delivery (COD) :

Cash On Delivery

Istilah logistik untuk menyebut Sistem pembayaran tunai dimana pembayaran dilakukan ketika pengiriman barang dilakukan (ketika barang diterima oleh pembeli).

  • Full Container Load (FCL) :

Full Container Load

Istilah yang dipakai dalam logistik untuk menyebut Jenis muatan dalam peti/pack yang muatannya terdiri dari satu atau beberapa jenis atau satu jenis barang yang dikirim oleh satu pengirim dan ditujukan ke satu consignee atau penerima barang. Penyerahan dilakukan langsung di lapangan lokasi bongkar.

  • Less than Container Load (LCL) :

Less than Container Load

Istilah yang dipakai dalam logistik untuk menyebut Jenis muatan di dalam peti kemas atau packing yang muatannya terdiri dari beberapa jenis atau satu jenis barang yang dikirim dari beberapa shipper atau pengirim barang dan ditujukan untuk beberapa penerima barang yang berbeda. Penyerahan dilakukan di gudang konsolidasi atau yang sering disebut Container Freight Station.

  • Packing List (P/L) :

Packing List

Istilah yang dipakai di bidang logistik untuk menyebut Dokumen packing yang menunjukkan jenis barang, jumlah, serta berat dari barang yang dikirim.

  • Shipper :

Shipper

Shipper adalah Istilah yang dipakai untuk menyebut Pemilik Muatan, Pengirim Barang, dan juga sering mengacu kepada penjual Barang / Supplier.

  • Awu-awu:

Awu-awu

Kata yang sering dipakai di bidang logistik untuk menyebut Makelar atau Calo. Calo atau Makelar adalah orang ketiga yang menjadi perantara dan memberikan jasanya untuk menguruskan sesuatu berdasarkan upah.

  • Bongkar:

Bongkar

Kata yang dipakai dalam logistik saat menurunkan penumpang atau barang

  • Dim:

Dim

Istilah yang sering dipakai oleh supir truk atau kendaraan lain yang memiliki arti memberikan sinyal dengan lampu depan.

  • Ndhekem:

Ndhekem

Istilah yang sering dipakai untuk Ngetem atau bermalam oleh para penyedia armada (Trucker)

  • Pak haji:

Pak haji

Istilah inilah yang dipakai di dunia logistik untuk menyebut Polisi atau polisi patroli

  • Truk Balen:

Truk Balen

Istilah ini yang sering dipakai untuk menyebut Truk yang akan kembali ke daerah asal dari daerah tujuan bongkar.

Istilah-istilah di atas sangat penting untuk orang-orang yang bergelut di bidang logistik untuk berkomunikasi. Dalam platform GolekTruk sendiri memiliki beberapa istilah untuk menyebut sesuatu.

 

Baca Juga

DFOD Artinya? Definisi Lengkap dan 7 Perbedaanya Dengan COD!

Stripping Container: Definisi dan 2 Teknik Rahasia Bongkar Barang Yang Bikin Geleng-Geleng Kepala!

Apa Itu Distribusi? 5 Contoh Kegiatan Distribusi Yang Membuat Bisnis Meroket!

 

Istilah Logistik di GolekTruk

Istilah Logistik di GolekTruk

  • Say No To Calo!

Istilah logistik di atas adalah salah satu istilah yang platform GolekTruk gunakan sebagai himbauan bahwa GolekTruk mendedikasikan diri untuk menghubungkan penyedia armada dan pemilik muatan tanpa perantara!

  • Tanpa Potongan

GolekTruk sama sekali TIDAK memotong biaya dari penyedia armada maupun pemilik muatan. Platform GolekTruk ingin memberikan layanan terbaik untuk para pelaku di dunia logistik Indonesia.

  • Terhubung Langsung Dengan Penyedia Armada atau Pemilik Muatan

GolekTruk berdedikasi untuk mengubungkan penyedia armada dan pemilik muatan sembari terus menjaga budaya masing-masing pihak dengan transparan.

GolekTruk sendiri sudah menjadi informasi logistik yang sangat penting bagi penyedia armada atau pemilik muatan. Harus diakui bahwa mencari info muatan yang membutuhkan jasa angkutan bukan hal yang mudah. Namun jangan khawatir, untuk anda yang saat ini sedang mencari informasi muatan truk tidak perlu pusing karena sekarang ada GolekTruk!

Itulah istilah-istilah Logistik dan GolekTruk. Terus nantikan kabar terbaru lainnya dari GolekTruk. Yuk Tulis istilah-istilah yang Sobat Golek ketahui di kolom komentar ya.

Nantikan terus tips, tutorial dan konten GolekTruk lainya yaa. Cuma di GolekTruk, anda bisa menikmati kemudahan dalam mencari armada, manfaatkan armada kosong agar harga pengiriman barang Sobat makin terjangkau !

Cek website kami di golektruk.com atau download aplikasi GolekTruk di playstore.


Bagikan
svg

Apa yang Anda pikirkan?

Lihat Komentar / Tinggalkan Komentar

Leave a reply

svg