Loading

Truk Reefer : Truk Dengan Box Pendingin

Bagikan

GolekTruk — Apakah sobat pernah melihat truk yang memiliki mesin pendingin pada box nya ? Apakah sobat golek tahu bahwa truk yang sering disebut dengan truk reefer itu memiliki kecanggihan yang luar biasa bahkan bisa disebut sebagai truk ajaib lho !

Yuk simak penjelasan lengkap di bawah untuk mengetahui serba-serbi tentang truk reefer !

Apa itu Truk Reefer / Box Pendingin ?

Reefer” adalah bahasa gaul dari pendingin. Truk reefer / truk pendingin adalah truk standar yang memiliki semi-kabin yang dilengkapi dengan pendingin. Truk reefer dirancang untuk mengangkut barang yang mudah rusak atau busuk. Dengan demikian, sobat dapat mengangkut barang beku atau muatan yang suhu-nya harus terjaga.

Bagaimana Mesin Pendingin / Reefer Bekerja

Mesin reefer / pendingin beroperasi pada sistem tertutup. Dengan cara menghilangkan panas dan mempertahankan suhu yang stabil adalah inti dari sistem truk pendingin / reefer. Mesin pendingin-nya beroperasi dengan mengumpulkan dan memompa panas ke seluruh sistem.

Komponen Mesin Reefer / Pendingin dan Siklus Pendinginan

Kompresor :

Ada mesin kecil di dalam mesin reefer / pendingin yang berfungsi menggerakkan kompresor. Kemdudian kompresor akan menarik gas dan mengompresnya. Tekanan dari mekanisme ini akan mencairkan gas. Proses ini dapat mengeluarkan panas ke badan kompresor dan udara itu sendiri. Dari siklus ini, suhu masih cukup terasa hangat.

Kondensor :

Kondensor menerima cairan yang berasal dari kompresor. Kemudian proses pertukaran panas dimulai. Kehangatan cairan yang mengalir ke dinding tabung akan lalu keluar ke bagian sirip mesin yang terpasang. Sirip memiliki lebih banyak area permukaan untuk mendinginkan udara luar yang masuk melalui kipas kondensor. Prosesnya sangat mirip seperti bagaimana radiator mendinginkan mesin.

Evaporator :

Pada titik ini, mesin pendingin telah melepaskan sebagian besar panasnya ke kondensor dan berubah menjadi cairan dingin. Kemudian masuk ke evaporator melalui katup meteran. Katup inilah yang mengontrol suhu.

Di dalam evaporator, cairan panas yang menjadi dingin akan mengembang dan berubah kembali menjadi gas. Udara dari dalam trailer kemudian berhembus melewati evaporator. Udara tersebut kemudian masuk kembali ke kompresor, dan siklus dimulai dari awal lagi.

Mengapa Orang Menggunakan Truk Reefer / Box Pendingin ?

Truk reefer / truk dengan box pendingin sangat penting dalam transportasi jarak jauh untuk barang yang mudah rusak dan sensitif terhadap suhu. Daging beku dan produk segar lainnya merupakan contoh yang paling umum.

Perusahaan menggunakan truk reefer / truk box pendingin untuk menjaga suhu muatan. Itu berarti sobat juga dapat menyetel pendingin pada truk reefer ke pengaturan suhu yang diinginkan untuk mempertahankan suhu muatan.

Truk reefer dapat mempertahankan suhu ini jika muatan yang telah dimuat ke dalam truk sudah dalam keadaan beku.

Merawat Truk Reefer / Box Pendingin

Menjaga Kendaraan tetap Bersih

Bau muatan dapat bertahan walaupun setelah barang dibongkar. Beberapa pengemudi truk reefer sering menggunakan kopi bubuk untuk membantu menyerap bau. Kopi aman untuk digunakan saat pengangkutan ikan atau muatan berbau kuat lainnya.

Tetapi jika mengangkut daging, darah bisa tercecer mengotori lantai dan dapat mencemari muatan berikutnya. Untuk menghindari ini, pastikan sobat mencuci truk setiap kali bongkar-muat. Untuk perusahaan pengangkutan makanan, prosedur pembersihan truk setelah bongkar-muat menjadi hal yang utama.

Suhu Ruang Kargo harus Dingin lebih Dulu

Muatan beku harus selalu dimuat ke trailer yang sudah didinginkan sebelumnya pada suhu yang sesuai. Mendinginkan boks terlebih dulu dapat menjaga karakteristik muatan selama di jalan. Perlu diketahui bahwa lamanya proses pendinginan suhu ruangan sebelum muatan dimasukkan.

Reefer container adalah salah satu pilihan yang bisa djadikan sarana untuk membantu menjaga kesegaran muatan. Dengan kemampuan truk ini yang dapat menjaga suhu selama proses pengiriman, maka hal ini akan meminimalkan resiko kerusakan atau kebusukan. 

Jika sobat golek ada yang memiliki truk thermo frozen atau reefer ini juga bisa mengiklan di GolekTruk lho ! Karena di platform GolekTruk truk tersedia mulai dari angkutan roda tiga hingga kendaraan untuk kebutuhan khusus salah satunya seperti truk reefer. Jadi buruan daftar dan iklan kan truk refeer sobat !

GolekTruk juga menghimbau bagi para sobat golek semuanya yang ingin memiliki usaha di bidang logistik. Untuk tips nya sobat bisa baca di Tips Memulai Jasa Angkutan !

Jadi tunggu apalagi, segera mulai sekarang juga ! Dan untuk sobat golek yang ingin menyewa jasa angkutan bisa mencari nya di platform GolekTruk !

Terus nantikan kabar terbaru lainnya dari GolekTruk. Bagi beberapa orang yang memiliki jasa pengiriman barang atau bagi pemilik muatan, pastinya sudah berpengalaman dalam bidang ini . Yuk tulis pengalaman yang Sobat Golek rasakan di dunia logistik di kolom komentar ya.

Nantikan terus tips, tutorial dan konten GolekTruk lainya yaa. Cuma di GolekTruk, anda bisa menikmati kemudahan dalam mencari armada, manfaatkan armada kosong agar harga pengiriman barang Sobat makin terjangkau !

Cek website kami di golektruk.com atau download aplikasi GolekTruk di playstore.


Bagikan
svg

Apa yang Anda pikirkan?

Lihat Komentar / Tinggalkan Komentar

Leave a reply

svg