Loading

Sejarah Lengkap Perusahaan JNE !

Bagikan

GolekTruk — Sobat pasti pernah dengar atau lihat sebuah perusahaan jasa pengiriman barang JNE bukan? Karena perusahaan pengiriman barang yang satu ini sudah melalang buana di nusantara cukup lama. Dan kali ini mari kita bahas tentang sejarah dari JNE !

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE Express adalah layanan ekspedisi yang populer di Indonesia. Seperti perusaahan lainnya, JNE Express juga memiliki pemilik dan struktur organisasi tersendiri.

Saat ini yang menjadi Presiden Direktur JNE adalah Mohamad Feriadi Soeprapto. Sementara itu, posisi Direktur dijabat oleh Chandra Fireta dan Edi Santoso.

jne logo 5c944a198892d

Sejarah Singkat JNE Express

JNE memulai kegiatan usahanya sejak 26 November 1990. Menyadur dari laman resmi JNE, layanannya terfokus pada penanganan kegiatan kepabeanan, impor kiriman barang, dokumen hingga pengantaran barang dari luar negeri ke Indonesia.

Sebelum berdiri sendiri seperti sekarang ini, JNE pernah menjadi bagian dari TIKI. Saat itu JNE adalah salah satu divisi bagian TIKI yang fokusnya pada kegiatan impor barang atau dokumen, kepabeanan, dan lainnya.

Kemudian JNE memisahkan diri dari TIKI dan kemudian bergabung menjadi anggota asosiasi perusahaan kurir di negara Asia. Sejak itu, JNE lebih fokus pada pasar domestik atau lebih spesifik ke pengiriman paket di Indonesia.

djohari zein 143806 big

Pemilik JNE Express

Di balik suksesnya perusahaan JNE, ada sosok yang mengawali perusahaan ekspedisi ini. Orang tersebut adalah Djohari Zein yang memiliki panggilan Pak Jo.

Jiwa bisnis pria kelahiran Medan, 16 April 1955 itu sudah melekat sejak kecil. Ia pernah membuat majalah lalu menjualnya ke teman-temannya. Pak Jo juga pernah menjadi pelayan di hotel Hilton Internasional dan juga pernah menjadi Supervisor Kasir pada front office hotel.

Pada 1980 Pak Jo memutuskan mengundurkan diri dan pindah menjadi salesman di perusahaan ekspedisi internasional TNT. Dan Karena kinerjanya yang bagus, beliau kemudian menjadi Operation Manager atau manajer operasi dari TNT Indonesia.

Setelah memiliki bekal ilmu sebagai profesional di bidang ekspedisi, beliau mengundurkan diri dan mencoba membuat usaha seperti dulu. Hingga 1985 Pak Jo merintis jasa pengiriman kurir bernama Worldpak yang kemudian berganti menjadi Pronto.

Kemudian Pak Jo bergabung dengan jasa pengiriman paket titipan kilat atau TIKI. Saat itu Pak Jo dianggap bisa menangani jasa pengiriman karena itu ia diminta untuk membangun jasa pengiriman sendiri. Lalu terciptalah PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE pada 1990 dengan modal 100 juta dan 8 orang karyawan.

Jenis Layanan JNE Express

Hingga kini, JNE menyediakan beragam layanan untuk memenuhi permintaan pengguna. Dikutip dari laman resmi JNE, berikut tiga jenis layanan JNE yang paling sering digunakan:

1. Ongkos Kirim Ekonomis (OKE)

Jenis layanan JNE Express yang pertama adalah JNE OKE. Layanan ini menawarkan tarif paling murah dibanding jenis layanan pengiriman JNE lainnya. Sayangnya OKE tidak melayani pengiriman pada Sabtu, Minggu, dan libur nasional.

2. Reguler (REG)

JNE REG adalah layanan standar JNE dengan estimasi waktu sampai satu hingga tujuh hari kerja. Namun biasanya pengiriman ke sesama kota hanya 2 hingga 3 hari.

3. Yakin Esok Sampai (YES)

JNE YES merupakan layanan prioritas dari JNE dengan waktu pengiriman satu hari atau sampai di keesokan harinya. YES memiliki tarif lebih mahal dari layanan lain karena estimasi sampai hanya satu hari. Ada garansi uang kembali jika pengiriman terlambat karena pihak JNE.

Kesimpulan

Bagaimana perjalanan waktu kita dalam menyusuri sejarah dari JNE? Menyenangkan? atau sobat langsung memiliki tujuan untuk ikut terjun dalam bisnis ekspedisi seperti JNE Express? Tenang sobat dapat melakukanya dan tentunya dengan cara yang lebih canggih yaitu dengan memasarkan jasa angkutan sobat di GolekTruk.

Dan tidak berhenti sampai di situ, GolekTruk juga siap untuk membantu sobat semua dengan cara mempertemukan jasa angkutan sobat dengan pengirim muatan secara langsung di platform GolekTruk !

Posting armada sobat di GolekTruk melalui aplikasi atau website GolekTruk sekarang juga dan rintis usaha jasa angkutan sobat dengan cara lebih efisien, cepat dan praktis !

Untuk sobat yang memiliki pendapat atau saran armada lain tolong tulis di kolom komentar ya agar dapat membantu sobat-sobat lainnya.

Cuma di GolekTruk, anda bisa menikmati kemudahan dalam mencari armada, manfaatkan armada kosong agar harga pengiriman barang Sobat makin terjangkau !

GolekTruk, Cari, Muat, Jalan. Praktis kan?

Cek website kami di golektruk.com atau download aplikasi GolekTruk di playstore.


Bagikan
svg

Apa yang Anda pikirkan?

Lihat Komentar / Tinggalkan Komentar

Leave a reply

svg