Loading

Karoseri Truk Sebagai Nyawa Kendaraan Niaga !

Bagikan

GolekTruk — Karoseri truk adalah tempat penyimpanan pada kendaraan truk yang terpasang di atas rangka / chasis. Truk sebagai kendaraan niaga atau kendaraan untuk usaha. Bagi para pengusaha, truk berfungsi untuk mendistribusikan berbagai macam barang ke berbagai tujuan. Oleh karena itulah ada beragam karoseri truk yang sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya seperti truk untuk mengirim mie instan tentunya akan sangat berbeda dengan truk untuk mengantarkan tabung gas.

Sama halnya dengan truk untuk mengangkut kelapa sawit jelas sangat berbeda dengan truk untuk kendaraan mobil atau motor. Itu sebabnya, ada banyak sekali variasi karoseri truk yang memang dibuat supaya sesuai dengan penggunaanya.

Apa itu Karoseri ?

cab chassis half trucks03356394247

Cab Chassis / rangka truk

Truk yang datang dari pabrik perakitan menuju dealer masih berada dalam kondisi “polos” atau masih berupa cab chassis yang terdiri dari kabin atau tempat pengemudi dan penumpang.

Dan rangka sasis kosong. Setelah proses jual beli di dealer atau tempat penjualan truk selesai, cab chassis dikirim ke perusahaan karoseri untuk dibuatkan karoseri truk sesuai dengan kebutuhan.

Jenis karoseri truk memang bermacam-macam, ada bak terbuka, wingbox, box, peti kemas dan lainnya. Beberapa dealer truk biasanya sudah menyiapkan Karoseri atau tempat untuk mengangkut muatan pada truknya. Tetapi beberapa pengusaha jasa angkutan sendiri kurang puas dengan karoseri yang dibuat di pabrik. Dan itulah kenapa ada banyak orang yang seringkali membeli truk hanya bagian kepalanya saja tanpa Karoserinya. 

Dan inilah jenis-jenis karoseri yang banyak digunakan oleh masyarakat kita !

Bak Kayu 

35COVER BAK KAYU

Karoseri Bak Kayu

Truk dengan karoseri bak kayu menjadi salah satu favorit untuk mengantar berbagai macam barang. Barang yang diangkut sangat bervariasi mulai dari hasil bumi, ternak, kayu, mebel, batu, bahkan pasir.

Truk dengan bak kayu memiliki karakteristik sebagai bak satu arah karena hanya memiliki satu pintu akses bongkar muat barang yang berada di belakang. Umumnya bak kayu mempunyai empat sisi yang setara atau sedikit melebihi kabin / kepala truk.

Bak Besi  

FM 517 HS 220PS 4X2 karoseri bak besi

Karoseri Bak Besi

Jenis ini memiliki kemiripan bentuk dengan bak kayu. Tetapi bak besi memiliki kelebihan berupa pintu yang berada di tiga arah / sisi (samping kiri-kanan dan belakang). Hal itu memudahkan akses bongkar muat barang.

Bak besi dapat berguna untuk keperluan pengangkutan mesin, komponen atau barang lainnya. Umumnya bak besi dapat mengangkut muatan dengan berat di atas 500 kilogram.

Flat Bed / Los Bak

Karoseri Flat Bed Fighter FN 61 FL 2

Karoseri Losbak

Truk dengan bak jenis ini tidak memiliki penutup atau penyangga pada semua sisinya. Di atas sasis truk hanya ada kotak hollow berbahan lembaran pelat logam dengan ketebalan tertentu.

Karena terbuka penuh alias tanpa “rumah”, maka proses bongkar muat pada truk flat bed / los bak menjadi jauh lebih mudah dan praktis dengan menggunakan crane atau forklift.

Kelebihan lain truk flat bed / los bak adalah kemampuan mengangkut barang-barang berat dan panjang semisal mesin, pipa beton, pasak bumi, besi beton.

Box

BOX ALLUMUNIUM 6 BAN

Truk Box

Truk box mengarah pada kotak pengangkut barang yang semua sisinya tertutup rapat dinding. Memiliki pintu pada bagian belakang atau pintu geser samping. Disukai untuk memuat barang-barang yang relatif sensitif terhadap kondisi lingkungan dan mudah rusak.

Wing Box  

CAM02208 min

Truk Wingbox

Pada dasarnya karoseri wing box sama dengan box tetapi memiliki akses pada tiga sisi (kanan-kiri-belakang). Ketika kedua pintu samping terbuka maka bentuknya mirip burung yang sedang mengepakkan sayapnya.

Umumnya karoseri wing box hanya ada pada jenis truk besar atau tronton yang panjangnya 9,5 meter atau lebih panjang lagi untuk memuat barang dengan volume banyak tetapi bobotnya relatif ringan seperti tisu, makanan ringan, dan popok.

Keberagaman Karoseri di GolekTruk  

Apakah sekarang sobat golek memahami tentang apa itu karoseri ? Jika masih ada yang belum paham bisa tulis di kolom komentar ya sob !

Karena ada berbagai macam jasa ekspedisi dan jasa angkutan yang bergabung dengan GolekTruk, Sobat juga bisa menemukan berbagai penyedia jasa angkut dengan beragam jenis karoseri atau jenis bak di Golektruk ! Jadi bukan hanya beragam, pilihan dan layanan yang ada di GolekTruk sangat lengkap sob !

Untuk penyedia jasa armada atau angkutan yang sedang mencari muatan bisa segera download aplikasi GolekTruk di sini atau bisa juga melalui website kami di golektruk.com

Bagi sobat golek pengirim barang atau yang sedang mencari jasa angkutan juga dapat bergabung dengan GolekTruk sebagai shipper ya sob ! Dan jangan pernah ragu untuk menghubungi kami di +62 898-2578-855.

Cuma di GolekTruk, anda bisa menikmati kemudahan dalam mencari armada, manfaatkan armada kosong agar harga pengiriman barang Sobat makin terjangkau !

GolekTruk, Cari, Muat, Jalan. Praktis Kan ?


Bagikan
svg

Apa yang Anda pikirkan?

Lihat Komentar / Tinggalkan Komentar

Leave a reply

svg