Loading

Apa Itu Logistik? Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya !

Bagikan

Apa Itu Logistik?

Apa Itu Logistik?

GolekTrukApa Itu Logistik? Logistik adalah proses perencanaan dan pelaksanaan transportasi dan penyimpanan barang yang efisien dari titik asal ke titik konsumsi. Tujuan dari proses tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara tepat waktu dan hemat biaya.

Awalnya, logistik memainkan peran penting untuk memindahkan seseorang, peralatan, dan barang militer. Istilah tersebut saat ini lebih umum digunakan dalam konteks memindahkan barang komersial dalam rantai pasokan.

Banyak perusahaan yang memiliki spesialisasi di bidang logistik yang memberikan layanan kepada produsen, ritel, dan industri lain dengan kebutuhan besar untuk mengangkut barang.

Beberapa memiliki layanan lengkap, mulai dari transportasi darat, udara, laut, gudang, dan perangkat lunak, sementara yang lain hanya memiliki dalam satu atau dua bagian saja.

Biasanya, perusahaan ritel atau produsen / manufaktur besar memiliki sebagian besar jaringan distribusi mereka sendiri. Namun, sebagian besar perusahaan mengalihkan fungsi tersebut ke perusahaan lain atau sering disebut sebagai pihak ketiga (3PL).

Fungsi Logistik

Transportasi dan gudang / tempat penyimpanan adalah dua fungsi utama logistik.

Manajemen transportasi berfokus pada perencanaan, optimalisasi dan pelaksanaan penggunaan kendaraan untuk memindahkan barang antar gudang, lokasi ritel dan pelanggan. Transportasi multi medan dan dapat mencakup laut, udara, kereta api dan jalan.

Tak heran, manajemen transportasi adalah proses kompleks yang melibatkan perencanaan, optimalisasi rute, pengiriman muatan, manajemen pesanan, audit pengiriman, dan pembayaran.

Hal ini juga dapat diperluas ke yard management, sebuah proses yang mengawasi pergerakan kendaraan yang ada di luar pabrik, gudang, dan fasilitas distribusi. Manajemen pengangkut merupakan aspek penting karena harga, ketersediaan, dan kapasitas pengangkut transportasi dapat sangat bervariasi.

Perusahaan logistik biasanya menggunakan perangkat lunak sistem manajemen transportasi (TMS) untuk membantu memenuhi permintaan logistik terkait transportasi.

Pergudangan, atau manajemen gudang, mencakup fungsi-fungsi seperti manajemen inventaris dan pemenuhan pesanan. Hal ini juga melibatkan pengelolaan infrastruktur dan gudang seperti misalnya, di pusat pemenuhan, tempat pesanan barang diterima, diproses, dan dipenuhi (dikirim ke pelanggan).

Manajemen kepabeanan atau manajemen perdagangan global, juga sering dianggap sebagai bagian dari logistik sebagai dokumen untuk menunjukkan kepatuhan terhadap peraturan pemerintah, harus sering diproses saat barang melintasi perbatasan nasional atau memasuki pelabuhan pengiriman.

Mengapa Logistik Penting ?

Sementara pengiriman tepat waktu selalu penting di seluruh rantai pasokan, hal itu menjadi lebih penting lagi dalam beberapa tahun terakhir karena perdagangan omnichannel / multi saluran. Dengan pengiriman produk yang disesuaikan ke rumah atau ritel pada hari yang sama yang dipesan dari smartphone, menjadi lebih umum.

Pemasok, produsen, distributor, dan pengecer harus meningkatkan proses logistik mereka untuk memenuhi permintaan pengiriman barang yang lebih cepat dan lebih nyaman. Mereka juga harus mengintegrasikan proses dan sistem mereka dengan lebih baik untuk meningkatkan visibilitas rantai pasokan.

Perbedaan Antara Logistik dan Supply Chain Management

Manajemen proses perencanaan dan pelaksanaan transportasi dan penyimpanan barang yang efisien merupakan komponen penting dari manajemen rantai pasokan / supply chain management (SCM).

Meskipun istilah tersebut terkadang digunakan secara bergantian, logistik berfokus pada pemindahan produk dan bahan se efisien mungkin. Sebaliknya, supply chain management mencakup perencanaan yang lebih luas, seperti perencanaan permintaan dan perencanaan penjualan dan operasi, dan eksekusi rantai pasokan, termasuk sumber strategis dan manajemen transportasi.

Kadang-kadang, istilah logistik inbound dan outbound digunakan untuk menunjukkan masing-masing untuk barang yang tiba di atau meninggalkan fasilitas.

Kategori penting lainnya adalah reverse logistic. Reverse logistic adalah proses logistik yang diperlukan untuk mengembalikan produk untuk diservis, diperbaiki, atau dinonaktifkan, dan didaur ulang.

Demikian adalah penjelasan mengenai logistik, mulai dari pengertian, peran, dan fungsinya sampai proses yang ada di dalamnya.

Terus nantikan kabar terbaru lainnya dari GolekTruk. Bagi beberapa orang yang memiliki jasa pengiriman barang atau bagi pemilik muatan, pastinya sudah berpengalaman dalam bidang ini . Yuk tulis pengalaman yang Sobat Golek rasakan di dunia logistik di kolom komentar ya.

Nantikan terus tips, tutorial dan konten GolekTruk lainya yaa. Cuma di GolekTruk, anda bisa menikmati kemudahan dalam mencari armada, manfaatkan armada kosong agar harga pengiriman barang Sobat makin terjangkau !

Cek website kami di golektruk.com atau download aplikasi GolekTruk di playstore.


Bagikan
svg

Apa yang Anda pikirkan?

Lihat Komentar / Tinggalkan Komentar

Leave a reply

svg