Loading

Freight Forwarding : Arti, Peran, Dan Fungsi-nya

svg17 Februari 2023LogistikBisnisInformasi GolekTruk

Bagikan

GolekTruk — Apakah sobat pernah dengar istilah Forwarder ? Atau Freight Forwarding ? Untuk beberapa orang mungkin sudah familiar dengan istilah itu, namun untuk sebagian besar orang pasti masih asing dengan istilah ini. Yuk simak selengkapnya untuk mengetahui apa itu Freight Forwarding !

Apa Itu Freight Forwarding?

apa itu freight forwarding fix 1
Apa itu Freight Forwarding ?

Freight Forwarding atau pengiriman barang adalah proses memindahkan barang / muatan dari satu tempat ke tempat lain melalui satu atau beberapa pengangkut. Bisa melalui jalur udara, laut, atau darat.

Pentingnya pengiriman barang untuk kebutuhan perdagangan menjadi salah satu titik vital dari siklus bisnis atau perdagangan. Karena menjadi sebagai salah satu aspek penting, pengiriman barang menjadi salah satu bidang yang memiliki oleh banyak pelaku usahanya orang lho sobat.

Prinsip Freight Forwarding

Prinsip Freight Forwarding
Prinsip Freight Forwarding

Prinsip-prinsip dari pengiriman barang dasarnya adalah pada perpindahan barang yang efisien dan hemat biaya dalam kondisi baik selama dalam perjalanan. Untuk mencapai hal itu, perusahaan ekspedisi menjadi ahli dalam mengelola logistik untuk memastikan barang tiba tepat waktu dan dalam keadaan yang bagus. Jasa pengelolaan logistik yang baik dalam memperluas pasar global berarti memiliki solusi atau perlengkapan yang tepat untuk setiap kebutuhan pasar.

Menegosiasikan tarif, peraturan bea cukai, dan fasih dalam persyaratan pengiriman melalui darat, laut, kereta api, dan udara, menjadi keahlian yang harus freight forwarder kuasai. Perusahaan pengiriman barang juga sudah mulai untuk mengelola risiko dan pengiriman menggunakan kemajuan terbaru dalam teknologi informasi.

Siapa Forwarder ?

Siapakah Forwarder
Siapakah Forwarder ?

Forwarder adalah orang yang bertanggung jawab atas urusan masalah transportasi atau proses memindahkan barang ke satu titik. Sebenarnya tidak harus berurusan dengan transportasi secara langsung. Yang perlu seorang forwarder lakukan adalah menemukan perusahaan yang tepat untuk mengirimkan barang.

Seorang pengirim barang menerima pesanan dari pelanggan, menyiapkan penawaran dan kemudian menegosiasikan kondisi pengangkutan. Juga orang yang menangani dari sisi formal-nya yaitu menyiapkan dokumen yang diperlukan, dan melakukan penyelesaian dengan pelanggan. Terlebih lagi, forwarder berurusan dengan unit eksternal dan departemen internal yang terlibat dalam implementasi transportasi.

Apa Pekerjaan Forwarder

Apa Pekerjaan Forwarder
Apa Pekerjaan Forwarder ?

Biasanya, forwarder berurusan dengan seluruh proses transportasi. Seorang forwarder harus memikirkan dengan hati-hati tentang seluruh proses pengangkutan barang.Pada bagian forwarder nasional akan berurusan dengan perusahaan jasa angkut di dalam negeri, sedangkan untuk forwarder internasional atau lebih sering di sebut bagian export / import, bertanggung jawab atas prngiriman barang ke luar negeri dan bekerja sama dengan kontraktor dari luar negeri.

Tugas forwarder

Selain mengelola seluruh proses pengangkutan, forwarder juga memiliki tanggung jawab untuk melengkapi dokumen bea cukai jika terkait dengan impor dan ekspor barang. Meskipun forwarder bekerja di waktu yang sudah ditentukan, namun terkadang masih akan menerima telepon akhir pekan, karena pengangkutan akan tetap dilakukan terlepas dari hari atau jam kerja pengirim.

Tugas utama pengirim barang meliputi :

  • Konsultasi tentang persiapan transportasi
  • Menyiapkan dan mengumpulkan dokumen-dokumen yang diperlukan
  • Menyelesaikan kontrak transportasi dengan perusahaan yang menyediakan layanan transportasi.
  • Pemantauan pemuatan, transportasi, dan penanganan-nya
  • Asuransi kargo
  • Termasuk juga yang telah dijelaskan diatas

Forwarder / pengirim barang bertanggung jawab atas semua kegiatan yang berkaitan dengan pengangkutan barang.

Kesimpulan

Itulah pembahasan tentang freight forwarding. Jika diantara sobat golek sekalian ada yang bekerja sebagai seorang forwarder, bisa kasih komen di kolom komentar ya !

Dan jika sobat golek pengirim barang membutuhkan vendor jasa angkut, tentunya GolekTruk dapat menjadi solusi untuk sobat sekalian. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa GolekTruk hadir untuk membantu pihak pengirim muatan dan jasa angkut itu sendiri agar dapat mengembangkan bisnis nya lebih luas lagi.

Dan jangan khawatir karena di GolekTruk, untuk sobat golek yang baru memulai usaha jasa angkutan juga dapat bergabung lho ! Jadi tunggu apalagi, segera perbanyak jam terbang sobat golek sekalian sekarang juga !

Yuk tulis pengalaman pertama sobat golek saat mengendarai truk yang membuat sobat golek teringat sampai sekarang di kolom komentar ya !

Terus nantikan kabar terbaru lainnya dari GolekTruk. Bagi beberapa orang yang memiliki jasa pengiriman barang atau bagi pemilik muatan, pastinya sudah berpengalaman dalam bidang ini . Yuk tulis pengalaman yang Sobat Golek rasakan di dunia logistik di kolom komentar ya.

Nantikan terus tips, tutorial dan konten GolekTruk lainya yaa. Cuma di GolekTruk, anda bisa menikmati kemudahan dalam mencari armada, manfaatkan armada kosong agar harga pengiriman barang Sobat makin terjangkau !

Cek website kami di golektruk.com atau download aplikasi GolekTruk di playstore.


Bagikan
svg

Apa yang Anda pikirkan?

Lihat Komentar / Tinggalkan Komentar

Leave a reply

svg