Loading

Jenis – Jenis Truk di Indonesia Lengkap !

Bagikan

GolekTruk — Ada banyak sekali tipe atau jenis kendaraan yang ada di Indonesia. Semua tipe kendaraan tentu memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda-beda. Tetapi biasanya banyak orang yang menganggap bahwa semua jenis kendaraan itu sama, baik itu mobil pribadi, atuapun mobil pengangkut atau truk.

Pada dasarnya baik itu mobil pribadi ataupun mobil pengangkut seperti truk pun masih memiliki perbedaan lagi berdasarkan kategori nya. Seperti bentuk, jumlah sumbu, jumlah roda, dan juga kapasitas atau jenis bak-nya. Hal tersebut mungkin yang masih menjadi tanda tanya di dalam benak sobat golek.

Oleh karena itu, GolekTruk akan jelaskan secara detail dan lengkap, apa saja jenis truk yang ada di Indonesia. Di masyarakat luas, ada banyak istilah penamaan kendaraan angkutan ini seperti truk engkel, truk pick up, truk fuso, truk tronton, truk trintin dan lainnya.

Dari istilah tersebut, tentunya tidak sedikit orang yang masih merasa bingung dengan penamaan tersebut. Lalu apa sih yang membedakan semua jenis truk tersebut ?

Jenis Truk Berdasarkan Bentuk, Kapasitas, Jumlah Sumbu dan Roda

Dalam penamaan tipe atau jenis truk sebenarnya mengacu pada beberapa hal umum seperti yang kami sebutkan diatas. Mari kita bahas selengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Truk

Truk merupakan sebuah jenis armada transportasi yang memiliki bentuk dan ukuran begitu beragam dengan tipe karoseri yang berbeda-beda. Penggunaan truk sendiri lebih dikhususkan pada jasa pengiriman barang dengan jumlah dan ukuran yang besar.

Apa Saja Jenis Truk ?

Pada umumnya dengan begitu banyakanya jenis truk di Indonesia. Banyak masyarakat yang masih merasa bingung mengenai jenis dan tipe truk itu sendiri. Maka dari itu berikut ini beberapa informasi mengenai perbedaan tiap-tiap jenis truk yang mungkin bisa menjadi referensi kalian.

1. Truk Pick Up

mitsubishi colt l300 pickup standard 4x2 mobil full02
Jenis Truk Pick Up

Jenis truk yang pertama adalah Pick Up. Ini merupakan jenis truk yang paling kecil diantara truk-truk lainnya. Pick Up hanya memiliki 2 jenis sumbu roda dengan 4 jumlah roda.

Dan pada umumnya pick up hanya memiliki kapasitas atau volume maksimal 1 CBM. Berat muatan maksimal Pick Up hanya sekitar 1.5 ton. Namun ada juga pick up yang memiliki volume hingga 6 CBM yang dibedakan berdasarkan bak yang digunakan.

2. Colt Diesel Engkel

isuzu elf n series 4 wheel 34821
Jenis Truk Colt Diesel Engkel

Selain pick up, ada juga jenis Colt Diesel Engkel atau juga sering di sebut masyarakat truk engkel. Jika dibandingkan dengan pick up, jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar namun sama-sama memiliki 2 sumbu roda yang terbaik dibagian 2 roda depan dan 2 roda belakang.

Sementara untuk kakaspitas muatannya truk engkel mampu membawa muatan hingga 5 ton. Dengan jenis truk ini kalian masih bisa membawa barang berukuran besar dan banyak dalam satu kali angkut.

3. Colt Diesel Double

Bak Kayu LDT
Jenis Truk Colt Diesel Double

Selanjutnya ada juga jenis truk Colt Diesel Double. Dari bentuknya, truk tipe ini memang hampir sama dengan truk engkel. Namun perbedaan yang paling terlihat terletak dari jumlah roda yang digunakan, terutama pada bagian roda belakangnya yang sudah menggunakan 4 roda.

Jumlah sumbunya masih tetap sama yaitu 2 sumbu, namun pada masing-masing sumbu roda belakang menopang 2 roda. Dari ukurannya, truk ini memiliki jumlah muatan yang lebih besar yakni sekitar 6 ton. Dan untuk menggunakan truk ini umumnya pengemudi harus memiliki SIM B baik B Polos atau B Umum.

4. Truk Fuso

mitsubishi fuso fm 517 hl 39247
Jenis Truk Fuso

Selain itu di Indonesia juga ada yang namanya truk fuso. Truk ini merupakan jenis truk yang hampir sama dengan truk Colt Diesel Double. Namun kapasitas yang ditawarkan untuk sekali angkut barang jauh lebih besar yang mencari 7 sampai 8 ton.

Dan umumnya truk Fuso merupakan truk yang di keluarkan oleh produsen mobil Mitsubishi yang memang memfokuskan pada produk kendaraan niaga untuk kelas light dan medium truk.

5. Truk Tronton

d0b9bb39 tronton bak
Jenis Truk Tronton

Lalu ada pula jenis truk yang memiliki kapasitas muatasn lebih dari 10 ton bahkan mampu mencapai 20 ton atau lebih. Pada jenis ini terdapat satu tipe yang dinamakan truk tronton. Tidak hanya kapasitas muatannya yang berbeda dengan tipe truk lainnya.

Dari jumlah sumbu rodanya, jenis truk yang satu ini memiliki 3 sumbu roda yang terbagi 1 sumbu roda dibagian depan dan 2 sumbu roda dibagian belakang. Dari jumlah ban, maka truk tronton memiliki ban berjumlah 10 buah, 2 pada bagian depan dan 8 pada bagian belakang.

6. Truk Trintin

Truk Pengiriman Truk Trintin
Jenis Truk Trintin

Jika kalian sedang mencari jenis truk dengan kapasitas muatany yang mencapai 20 ton atau lebih. Selain truk tronton, kalian juga bisa memilih truk trintin. Yang dimana ini merupakan salah satu tipe truk yang bisa digunakan untuk mengangkut barang dengan jumlah besar dan banyak.

Truk trintin dan tronton sama-sama memiliki 3 sumbu roda. Namun perbedaannya terletak pada bagian sumbu roda tengah. Mekanisme power streeringnya menggunakan FWS (Four Wheel Steering). Yang berarti truk trintin memiliki 4 roda yang terdapat pada sumbu roda depan dan tengah bisa dibelokan .

7. Truck Trinton

db2758ab384e449d8344c555a8ad9436
Truk Trinton

Dan jenis truk yang berikutnya adalah truk trinton. Trinton dibuat dengan kapasitas muatan yang lebih besar hingga mencapai 30 ton dan memiliki 4 buat sumbu roda. Sumbu roda tersebut terbagi menjadi dua yaitu 2 sumbu roda dibagian depan yang dapat digerakan pada saat membelok dengan mekanisme FWS.

Dan 2 sumbu roda dibagian belakang yang letakan hampir berdekatan. Apabila dilihat dari jumlah roda yang dibawanya, truk jenis ini memiliki jumlah roda sebanyak 12 buah. 8 buah roda terdapat dibagian belakang dan 4 buah terdapat dibagian depan yang sama-sama ditopang oleh 2 sumbu atau poros.

8. Truk Trailer

H7737d6e8e9e14dbe9fd8b98b75a43e36A
Truk Trailer

Selanjutnya ada juga truk trailer, yang dimana jenis truk ini mungkin hanya akan di temukan pada pabrik-pabrik kelas atas yang dalam sekali pengiriman barang bisa mencapi 20 sampai 60 ton. Pada pemasarannya, tru trailer dibedakan dalam dua jenis yang dilihat dari jumlah sumbu dari ketinggian.

Yaitu truk trailer 20 feet yang memiliki jumlah sumbu 4 sampai 5 dan truk trailer 40 feet yang memiliki jumlah sumbu roda 6. Bahkan jika dilihat dari jumlah bannya, truk jenis ini setidaknya memiliki ban atau roda sebanyak 16 sampai 24 buah roda. Dan umumnya penggunaan jenis truk ini mengharuskan pengemudi memiliki SIM B2 yang paling tinggi.

9. Truk Kontainer

0000447071
Truk Kontainer

Mungkin banyak orang yang sering menyebutkan istilah truk kontainer. Namun pada kenyataannya kontainer sendiri sebenarnya bukan merupakan sebuah armada. Melainkan hanya sebuah petik kemas yang dibuat untuk bisa menampung barang dengan jumlah besar dan banyak serta bersifat fleksibel.

Dan dalam dunia persewaan truk, seperti dijelaskan diatas. Kontainer tidak dapat dipisahkan dengan truk trailer mengingat kontainer sendiri tidak memiliki mesin dan roda. Sehingga ketika kalian ingin menyewa kontainer, maka sudah semestinya kalian juga menyewa armada trailernya.

10. Truk Wingbox

Cover Blog 39
Truk Wingbox

Dan jenis truk yang terakhir adalah truk Wingbox. Ini merupakan sebuah armada yang mungkin bisa dibilang jauh lebih favorit bila dibandingkan dengan truk tronton. Pasalnya pada truk jenis ini, kalian bisa lebih mempercepat proses bongkar dan muat barang.

Pasalnya di ketiga sisi yakni sisi kanan, kiri, dan belakangnya bisa dibuka secara bersamaan. Dan untuk truk Wingbox hanya memiliki 2 atau 3 sumbu dengan komposisi sama seperti truk colt diesel atau tronton. Maka di Indonesia pun banyak yang menyebutnya sebagai truk tronton wingbox atau truk engkel wingbox.

11. Truk Molen

molen 1
Truk Molen

Truk beton atau blender besar adalah truk yang disebut sebagai truk yang ditemukan blender besar yang dijerat padanya. Peralatan pemintalan memadukan beton dan air untuk membuat beton dan mengosongkannya ke tempat yang telah ditentukan. Ini bisa di tanah, dalam cetakan khusus, dan sebagainya. Karena gerakan konstan, perangkat ini memungkinkan beton untuk mempertahankan keadaan fluidanya untuk waktu yang sangat lama, kemudian memberikan beton kualitas yang lebih tahan lama dan periode penggunaan yang lebih lama daripada dengan asumsi pemasangannya. Beton biasanya dituangkan dari belakang, dan drum baja atau fiberglass tempat pencampuran biasanya terdiri dari baja atau fiberglass.

12. Pengangkut Mobil/Trailer Pengangkut Mobil

Pengangkut Mobil
Truk Pengangkut Mobil

Ini dikenal sebagai single-decker yang ditemukan tertutup dengan pengangkut kendaraan terbuka double-decker dengan banyak slot untuk menjaga mobil tetap di tempatnya selama perjalanan panjang. Biasanya, ini digunakan untuk mengangkut mobil dari produsen ke dealer. Truk ini bukan truk flatbed karena tidak memiliki loader dan derek. Sebaliknya, mereka mengandalkan kemampuan kendaraan untuk memuat sendiri.

13. Truk Chiller / Reefer

Truk Argatha Logistic 7
Truk Chiller / Refeer

Armada truk Chiller / Reefers disebut sebagai truk pendingin karena dilengkapi dengan peralatan pendingin untuk menjaga muatan tetap segar selama perjalanan. Truk ini awalnya diperkenalkan pada tahun 1920-an, dan sejak saat itu, mereka dilengkapi dengan perlindungan penuh (busa polimer dengan ketebalan tinggi) dan ventilasi yang lebih baik.

14. Truk Derek / Towing

1200x600 5 jenis derek mobil dan fungsinya 191018e
Truk Derek / Towing

Truk ini adalah truk yang memiliki derek yang dikendalikan melalui tautan. Truk towing memiliki kelebihan atas keserbagunaan nya dimana truk ini dapat menderek atau menarik kendaraan lain. Tali kawat dapat diatur oleh pengemudinya.

15. Flat-Bed Trailer

H6b26a9a5a2da493bbf8aeb67b64807f1t
Truk Flat Bed

Truk flatbed adalah truk yang pada bagian kontainer nya tidak memiliki sisi atau atap. Kendaraan ini berfokus pada penumpukan muatan atau digunakan untuk mengirimkan muatan yang sangat berat sehingga tidak dapat disangga dengan bak atau sisi yang tipis. Tetapi truk ini tidak dapat digunakan untuk barang-barang yang dapat rusak karena hujan. Truk ini lebih fokus untuk mengangkut beban yang sangat besar dan membutuhkan ruang yang sangat besar.

Truk ini umumnya memiliki pengaman berupa penjerat sehingga keamanan muatan lebih baik daripada hanya ikatan biasa.

16. Tangki

HINO Truck Tangki Harga Murah Dp Ringan
Truk Tangki

Truk tanker salah satu kendaraan yang paling umum digunakan untuk mengirimkan segala jenis muatan cair dari satu tempat ke tempat lainnya. Truk ini membawa cairan yang terkompresi dan terlindungi secara teratur. Cukup sulit untuk mengendarai kendaraan ini karena memiliki titik gravitasi yang tinggi.

Itulah jenis-jenis truk yang ada di Indonesia. Tapi satu fakta yang sobat golek perlu ketahui bahwa semua jenis truk di atas ada di platform GolekTruk lho. Jadi untuk sobat golek yang ingin menyewa jasa angkutan dengan kendaraan tertentu bisa mencari nya di GolekTruk !

Jangan lupa untuk tulis jenis truk yang membuat sobat golek terkesima di kolom komentar ya !

Terus nantikan kabar terbaru lainnya dari GolekTruk. Bagi beberapa orang yang memiliki jasa pengiriman barang atau bagi pemilik muatan, pastinya sudah berpengalaman dalam bidang ini . Yuk tulis pengalaman yang Sobat Golek rasakan di dunia logistik di kolom komentar ya.

Nantikan terus tips, tutorial dan konten GolekTruk lainya yaa. Cuma di GolekTruk, anda bisa menikmati kemudahan dalam mencari armada, manfaatkan armada kosong agar harga pengiriman barang Sobat makin terjangkau !

Cek website kami di golektruk.com atau download aplikasi GolekTruk di playstore.


Bagikan
svg

Apa yang Anda pikirkan?

Lihat Komentar / Tinggalkan Komentar

One Comment:

Leave a reply

svg