Loading

5 Strategi Logistik dari Para Ahli

Bagikan

GolekTruk — Strategi Logistik adalah kerangka kerja atau rangkaian pedoman yang menjaga rencana operasi di jalur yang benar untuk mencapai tujuan logistik sobat golek. Hal ini mendefinisikan siapa, di mana, dan bagaimana sobat akan mencapainya sambil menangani masalah dan harapan dari pemangku kepentingan.

Strategi logistik yang komprehensif harus mencakup tingkat strategis, operasional, dan taktis dari perencanaan logistik serta empat titik kesulitan utama dalam rantai pasokan, termasuk lokasi fasilitas, tingkat layanan pelanggan, dan pengambilan keputusan inventaris dan transportasi.

Apa manfaat Strategi Logistik?

Tujuan utama dari setiap strategi logistik adalah untuk mengirimkan produk yang tepat kepada pelanggan tepat pada waktu dengan biaya serendah mungkin.

Hasilnya adalah situasi win-win : perusahaan sobat mendapatkan keuntungan dari efisiensi biaya, dan pelanggan mendapatkan apa yang mereka butuhkan tepat waktu saat mereka membutuhkannya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Tiga Aspek Utama Strategi Logistik

Tiga aspek utama dari perencanaan logistik strategis mencakup tujuan jangka panjang dan sarana serta proses untuk mencapai tujuan tersebut.

  • Sasaran jangka panjang : Sasaran jangka panjang mencakup kepuasan pelanggan, keunggulan perusahaan sobat, dan manajemen rantai pasokan yang stabil.
  • Sarana : Sarana untuk mencapai tujuan jangka panjang Anda termasuk memberikan nilai dan layanan pelanggan.
  • Proses : Proses untuk mencapai tujuan jangka panjang perusahaan Anda mencakup bagaimana Anda akan menjalankan strategi logistik Anda, serta mengantisipasi dan mengelola perubahan dan menghubungkan setiap elemen strategi logistik Anda dengan tujuan bisnis menyeluruh perusahaan.

Menyelaraskan tujuan logistik Anda dengan tujuan bisnis yang lebih luas adalah komponen penting dari strategi logistik yang efektif.

Perencanaan Logistik dan Strategi

Karena pelaku dalam pengadaan barang, distribusi, dan ritel omnichannel terus mendorong batasan, ahli strategi logistik dan perencanaan dipaksa untuk berinovasi. Untungnya, penggerak dunia logistik dan rantai pasokan senang untuk membagikan saran-saran bijak dalam bentuk posting blog, wawancara, podcast.

Melihat hal ini, GolekTruk memutuskan bahwa akan sangat membantu untuk membuat daftar 5 strategi logistik :

Ciptakanlah proses pembelian yang selaras dan adaptif dengan wilayah bisnis “Contoh jika Anda melihat proses pembelian yang tipikal, itu bercabang tergantung kebutuhan pada suatu wilayah. Jika saya akan membeli barang dari wilayah ini, maka saya menggunakan proses ini. Jika saya akan berurusan dengan mitra ini, maka saya menggunakan cara ini. Barang dari wilayah lain mungkin memerlukan proses lain dan teknologi yang berbeda.” — Sue Welch, CEO TradeStone Software, seperti dikutip dalam A Unified Supply Chain

Berikan ruang untuk kerjasama. “Dengan adanya alat komunikasi yang lebih baik, bisnis juga dapat membangun hubungan yang lebih kolaboratif.” — 4 Ways to Make Supply Chain Management More Efficient, Lightwell

Ambil cara untuk saling menguntungkan dengan kolaborasi. “Karena semakin banyak organisasi menyadari kebutuhan untuk berkolaborasi, budaya baru berkembang. Inilah sebabnya mengapa kolaborasi telah menjadi kata kunci yang wajib di dunia rantai pasokan.” — Rob O’Byrne, An Introduction to Supply Chain Collaboration.

Jadikan supply chain sebagai keunggulan. “Salah satu alasannya adalah bahwa hal itu dapat meningkatkan komunikasi dan kolaborasi. Misalnya, struktur rantai pasokan kompleks, dan analisisnya ternyata cocok untuk saling berdampingan.” — Jonathan Whitaker, How to Create a Supply Chain Center of Excellence that Works.

Gunakan cara yang mendukung kelestarian lingkungan.

“BSR merekomendasikan agar perusahaan mengatasi risiko iklim dalam rantai pasokan mereka. Dengan berfokus di mana mereka memiliki dampak terbesar dan pengaruh terbesar dan mengambil beberapa langkah:

  • Pertimbangkan berbagai risiko iklim dan prioritaskan bagian rantai pasokan yang paling berisiko.
  • Terapkan tindakan, termasuk dengan tim internal, dengan pemasok dan melalui kolaborasi yang lebih luas, dan kembangkan target yang terukur untuk cara ini.
  • Evaluasi dampak tindakan rantai pasokan dan sesuaikan program dan sasaran dari waktu ke waktu.

— BSR,  How to Integrate Climate Change Risks and Opportunities into Supply Chain Management.

Selain membutuhkan strategi, supply chain maupun logistik membutuhkan sarana yang memadai seperti yang tercantum dalam salah satu aspek strategi logistik. Dan GolekTruk juga hadir sebagai salah satu sarana yang dapat digunakan untuk user end to end, karena flexibilitas dan ke praktisan yang bahkan dapat digunakan oleh siapapun juga.

Itulah sebabnya sangat penting untuk sobat untuk mencoba platform logistik pertama di Indonesia dan rasakan sendiri bagaimana sarana yang berkualitas ditambah strategi yang mumpuni dapat memberikan pengaruh besar pada perusahaan anda.

Demikian adalah penjelasan mengenai strategi logistik menurut para ahli. Yuk sebutkan strategi apa yang sobat gunakan selama ini di kolom komentar ya.

Terus nantikan kabar terbaru lainnya dari GolekTruk. Bagi beberapa orang yang memiliki jasa pengiriman barang atau bagi pemilik muatan, pastinya sudah berpengalaman dalam bidang ini . Yuk tulis pengalaman yang Sobat Golek rasakan di dunia logistik di kolom komentar ya.

Nantikan terus tips, tutorial dan konten GolekTruk lainya yaa. Cuma di GolekTruk, anda bisa menikmati kemudahan dalam mencari armada, manfaatkan armada kosong agar harga pengiriman barang Sobat makin terjangkau !

Cek website kami di golektruk.com atau download aplikasi GolekTruk di playstore.


Bagikan
svg

Apa yang Anda pikirkan?

Lihat Komentar / Tinggalkan Komentar

Leave a reply

svg